Macam Macam Penelitian

Loading...

Pembahasan Tentang Macam Macam Penelitian

Hai Pembaca, kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai macam macam penelitian.
 
Penelitian dapat dibagi menurut tempat, waktu, bidang, pemakaian, tujuan dan jenisnya. Untuk lebih lanjut simak di bawah ini.
1. Penelitian berdasarkan Tempat : Laboratorium, perpustakaan dan lapangan (kancah).
2. Penelitian berdasarkan Bidang : Pendidikan, administrasi, ekonomi, biologi dan sebagainya.
3. Penelitian berdasarkan Pemakaian : Murni (pure research), penelitian terapan (aplied research) dan penelitian evaluasi.
4. Penelitian berdasarkan Tujuan : verifikatif, Eksploratif dan developmental.
5. Penelitian berdasarkan waktu : Longitudinal dan cross-sectional.
6. Penelitian berdasarkan Jenis : Historikal, deskriptif, studi kasus, korelasional, kausal komparatif, eksperimental, development, kuasi eksperimental dan tindakan.
7. Penelitian berdasarkan Metode : Kuantitatif dan kualitatif.
8. Penelitian berdasarkan Logika : Deduktif dan induktif.
9. Penelitian berdasarkan Filsafat : Positivisme atau postpositivisme atau naturalistik (fenomenologis).
 
Penelitian di atas mempunyai maksud dan penggunaannya masing-masing, yaitu sebagai berikut.
1. Penelitian Historis (Historical Research)
Pengertian Penelitian Historis adalah penelitian dengan maksud membuat rekonstruksi masa latihan secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi, serta mensintesis bukti-bukti untuk mendukung fakta memperoleh kesimpulan yang kuat.
Contoh penelitian historis : Suatu penelitian mengenai praktik administrasi di zaman penjajahan, asal usul dan pelaksanaan konsep kepemimpinan di zaman revolusi, pengujian hipotesis bahwa Ratu Shima melaksanakan perikeadilan tanpa pandang bulu dan sebagainya.
2. Penelitian Deskriptif (Descriptive Research)
Pengertian Penelitan Deskriptif adalah suatu penelitian dengan maksud membuat pemeriaan (penyandaraan) secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu.
Contoh penelitian deskriptif : Studi mengenai populasi tertentu, sensus, survei pendapat masyarakat, analisis dokumen, laporan insiden kritis (critical incident report), analisis skor tes dan observasi sifat terhadap praktik administrasi untuk teknisi menengah.
 
3. Penelitian Perkembangan (Developmental Research)
Pengertian Penelitian Perkembangan adalah penelitian dengan maksud untuk menyelidiki pertumbuhan atau perubahan sesuatu sebagai fungsi waktu.
Contoh penelitian perkembangan : Suatu studi longitudinal mengenai proses menjadi manajer, yaitu mulai dari bawahan sampai taraf manajer kecenderungan konsumerisme selama 20 tahun terakhir ; Proyek populasi pegawai negeri sebelum dan sesudah Perang Dunia 2 ; Perubahan pola pergaulan muda-mudi setelah Sumpah Pemuda 1928 ; Pertumbuhan nilai individu sejalan dengan semakin menipisnya semangat gotong royong.
 
4. Penelitian Kasus dan Penelitian Lapangan (Case Study Research and Field Study Research)
Pengertian Penelitian Kasus dan Penelitian Lapangan adalah penelitian dengan maksud mempelajari secara intensif mengenai latar belakang keadaan sekarang dan interaksi suatu sosial, individu, kelompok, lembaga dan masyarakat.
Contoh dari penelitian kasus dan penelitian lapangan : Studi secara intensif mengenai sosial kebudayaan suatu kota metropolis, studi lapangan mengenai kelompok masyarakat terpencil dan lain-lain.
 
5. Penelitian Korelasi (Correlation Research)
Pengertian Penelitian Korelasi adalah penelitian dengan maksud mendeteksi seberapa jauh variasi pada suatu faktor berhubungan dengan variasi atau lebih faktor lain berdasarkan koefisien korelasinya.
Contoh penelitian korelasi : Studi yang mempelajari saling hubungan antara skor kepemimpinan dengan prestasi kerja; Studi secara analisis faktor mengenai tes kepribadian; Studi untuk meramalkan keberhasilan kepemimpinan berdasarkan tes bakat.
 
6. Penelitian Kausal Komparatif (Causal Comparative Research)
Pengertian Penelitian Kausal Komparatif adalah penelitian dengan maksud mencari hubungan sebab akibat dengan cara mengamati akibat yang sekarang ada dan mencoba mencari kemungkinan sebabnya dari data yang dikumpulkan. Penggunaan penelitian ini untuk mengidentifikasikan faktor-faktor yang menimbulkan pemberhentian pegawai dengan menganalisis data siswa selama tahun terakhir; Mencari kesamaan atau perbedaan kelompok dengan menggunakan data-data yang ada, contohnya perokok; Pola kepemimpinan pada hasil-hasil atau kesuksesan manajemen perkantoran.
 
7. Penelitian Eksperimenta Sungguhan (True Experimental Research)
Pengertian Peksperimental Sungguhan adalah penelitian dengan maksud mencari kemungkinan hubungan sebab akibat dengan memberikan perlakuan khusus terhadap kelompok coba dan membandingkannya dengan kelompok banding.
 
8. Penelitian Eksperimental Semu (Quasi Experimental Research)
Pengertian Penelitian Eksperimental Semu adalah penelitian dengan maksud mencari hubungan sebab akibat kehidupan nyata, di mana pengendalian ubahan sulit atau tidak mungkin dilakukan, pengelompokan secara acak mengalami kesulitan dan sebagainya.
Contoh dari penelitian eksperimental : Classroom-experiments, eksperimen dengan modul, penerapan behavior-conditioning dalam manajemen dan penguasaan kelas.
 
9. Penelitian Tindakan (Action Research)
Pengertian penelitian tindakan adalah suatu penelitian dengan maksud untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan baru atau cara pendekatan baru untuk memecahkan masalah di dunia kerja atau dunia aktual yang lain.
Contoh penelitian tindakan : Suatu program trainer of trainer untuk melatih para widyaiswara; penataran keterampilan guru atau instruktur, program penjagaan dalam pencegahan kecelakaan pada pendidikan pengemudi; Untuk memecahkan masalah apatisme dalam penggunaan teknologi modern atau metode kerja yang inovatif.
 
sekian dari informasi ahli mengenai macam macam penelitian, semoga tulisan informasi ahli mengenai macam macam penelitian dapat bermanfaat.

Sumber Buku Dalam penulisan Informasi Ahli :

– Husaini Usman dan Purnomo, 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit PT Bumi Aksara : Jakarta.
Gambar Macam Macam Penelitian
Gambar Macam Macam Penelitian