Pengertian Asumsi Dalam Penelitian

Loading...

Pembahasan Mengenai Apa itu Asumsi ?

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas apa itu asumsi.
 
Pengertian Asumsi adalah pernyataan yang dapat diuji kebenarannya secara empiris berdasarkan pada penemuan, pengamatan dan percobaan dalam penelitian yang dilakukan sebelumnya. Jika kita berbicara mengenai asumsi, maka tidak terlepas keterkaitan antara asumsi, postulat dan prinsip.
Pengertian Postulat adalah pernyataan yang kebenarannya tidak perlu diuji sebab sudah diterima oleh umum. Contoh : Matahari terbenam di sebelah barat.
Pengertian Prinsip adalah pernyataan yang berlaku umum bagi gejala tertentu dan mampu menjelaskan kejadian yang telah terjadi. Misalnya : hukum sebab akibat.
 
Dalam membuat suatu asumsi, maka hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu :
1. Asumsi harus operasional dan asumsi merupakan dasar bagi pengkajian teoritis.
2. Asumsi harus menyatakan keadaan yang sebenarnya, bukan keadaan yang diprediksi atau seharusnya.
3. Peneliti harus mengenal betul asumsi yang dipakainya dalam menyusun kerangka berpikirnya. Asumsi yang berbeda, maka beda juga teori yang digunakan.
4. Asumsi harus dinyatakan tersurat, sebab asumsi yang tersirat terkadang menyesatkan dan menyebabkan interprestasi yang berbeda.
 
Kerangka teoritis disusun untuk mendapatkan kerangka berpikir dan kerangka berpikir disusun untuk mendapatkan rumusan hipotesis. Kerangka berpikir dan Kerangka teoritis disusun dengan cara mengkaji teori teori dan hasil hasil penelitian sebelumnya yang relevan; menggunakan logika berpikjir deduktif (dari umum ke khusus); jika perlu menggunakan asumsi, postulat atau prinsip agar dapat mendukung suatu argumentasi yang menanyakan mengapa suatu teori atau pendekatan tertentu yang kita pilih.
 
Dalam menyusun kerangka berpikir boleh saja dijadikan satu dengan kerangka teoritis (tidak berdiri sendiri pada bab khusus kerangka berpikir). Bukan saja dapat menghindari pengulangan yang tidak perlu, namun dapat menjuruskan pemaparan landasan teori ke arah kerangka berpikir yang argumentasi.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian asumsi, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian asumsi dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Husaini Usman dan Purnomo, 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit PT Bumi Aksara : Jakarta.
Gambar Pengertian Asumsi
Gambar Pengertian Asumsi