Loading...

Pengertian Identifikasi Masalah Dalam Penelitian

Pembahasan Mengenai Apa itu Identifikasi Masalah

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai apa itu identifikasi masalah.
 
Pengertian Identifikasi Masalah adalah suatu tahap permulaan dari penguasaan masalah yang di mana suatu objek tertentu dalam situasi tertentu dapat kita kenali sebagai suatu masalah.
Tujuan identifikasi masalah yaitu agar kita maupun pembaca mendapatkan sejumlah masalah yang berhuungan dengan judul penelitian.
 
Kesulitan yang dihadapi dalam mengidentifikasi masalah yaitu kemiskinan materiil dan kemiskinan metodologis. Kemiskinan materiil dalam hal ini menyangkut apa yang akan menjadi masalah, sedangkan kemiskinan metodologis menyangkut bagaimana memecahkan masalah. Untuk mengatasi kedua masalah itu, maka jadilah spesialis yaitu peneliti yang bersikap kritis dalam membaca, mendengar dan berpikir. Berpikir disini yaitu mengungkapkan kembali gagasan dari penelitian-penelitian yang mutakhir.
 
Masalah suatu penelitian yang baik harus memiliki kriteria sebagai berikut : Menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih, Spesifik dan jelas, Dapat diuji secara empiris, Tidak menyangkut masalah moral dan etika, serta Berorientasi pada suatu teori tertentu.
 
Dalam praktiknya sering kita jumpai seorang peneliti yang ingin merengkuh terlalu banyak masalah, namun pemecahannya kurang dapat dipertanggungjawabkan. Keadaan demikian sedapat mungkin kita hindari. Untuk maksud tersebut, maka masalah-masalah yang timbuh dalam identifikasi masalah hendaklah kita batasi.
 
Identifikasi masalah tidak boleh tiba-tiba muncul, namun didasarkan pada masalah yang sudah tertulis, baik secara implisit (tersirat) maupun eksplisit (tersurat) di latar belakang masalah. Artinya, identifikasi masalah hanya diambil dari latar belakang masalah. Identifikasi masalah tidak boleh memunculkan masalah baru yang tidak ada di dalam latar belakang masalah.
Identifikasi masalah sebaiknya menggunakan kalimat tanya yang dimulai dengan bagaimana atau mengapa karena mutunya lebih tinggi daripada hanya menjawab apa, siapa dan di mana. Identifikasi masalah dalam penelitian kuntitatif bersifat deksriptif, hubungan (relationship), pengaruh (asosiative) dan perbedaan (difference). Identifikasi masalah dalam penelitian deskriptif biasanya dimulai dengan pertanyaan, “apakah ?” hubungan biasanya dimulai dengan pertanyaan, “Adakah hubungan ?” Pengaruh biasanya dimulai dengan pertanyaan, “Adakah Pengaruh ?” dan lain sebagainya.
 
Kegiatan mengidentifikasi masalah dapat diilustrasikan bagaikan seseorang masuk ke rumah makan padang. Di meja tersedia berbagai macam masakan dan minuman. Semua masakan dan minuman yang dihidangkan di meja di catat olehnya sebagai identifikasi makanan dan minuman.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian identifikasi masalah, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian identifikasi masalah dapat bermanfaat.

Sumber Buku Dalam penulisan Informasi Ahli :

– Husaini Usman dan Purnomo, 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit PT Bumi Aksara : Jakarta.
Gambar Pengertian Identifikasi Masalah

Gambar Pengertian Identifikasi Masalah

 
Pengertian Identifikasi Masalah Dalam Penelitian | ali samiun |