Pengertian Komunikasi, Unsur dan Sejarahnya

Loading...

Pembahasan Mengenai Pengertian Komunikasi, Unsur Unsur Komunikasi serta Sejarah Komunikasi

Informasi Ahli

Menurut Everett M Rogers, Pengertian Komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada akhirnya akan menimbulkan saling pengertian yang mendalam.

 
Menurut Arthur Jensen dan Sarah Trenholm, Pengertian Komunikasi adalah suatu proses yang di mana sumber mentransmisikan pesan kepada penerima melalui beragam saluran.
 
Pengertian Komunikasi menurut Hoveland adalah suatu proses di mana individu mentransmisikan stimulus untuk mengubah perilaku individu yang lain.
 
Menurut Shanon dan Weaver, Pengertian Komunikasi ialah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lainnya, baik itu dengan sengaja ataupun yang tidak disengaja. Komuniasi ini tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, namun juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, teknologi dan seni.
 
Steven mengatakan bahwa komunikasi terjadi kapan saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu stimuli atau objeknya. Apakah itu berasal dari lingkungan sekitar maupun dari seseorang. Contoh : seorang berlindung pada suatu tempat karena diserang badai; kedipan mata yang terjadi sebagai reaksi terhadap sinar dari lampu, juga adalah peristiwa komunikasi.
 
Menurut pendapat Raymon S Rose, Pengertian Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol simbol sedemikian rupa, sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh sang komunikator.
 
Kelompok sarjana komunikasi (human communication) membuat sebuah definisi yaitu :
Pengertian Komunikasi adalah suatu interaksi, proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan membangun hubungan antara sesama manusia, melalui pertukaran informasi, untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain dan berusaha mengubah sikap dan tingkah laku itu.
 
Istilah komunikasi sendiri berasal dari kata komunism yang berarti bahwa membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Komunikasi juga berasal dari kata communico yang berarti membagi.

| Sejarah Komunikasi dan Unsur Unsur Komunikasi |

Berikut ini akan dipaparkan sejarah berserta unsur unsur pembentuk komunikasi yang disampaikan oleh para ahli.
 
Menurut Aristoteles, ada tiga unsur unsur komunikasi yaitu siapa yang berbicara, apa yang akan dibicarakan dan siapa yang akan mendengarnya. Pandangan Aristoteles ini menurut sebagian besar ahli komunikasi ini dinilai lebih tepat untuk mendukung suatu proses komunikasi publik dalam bentuk pidato atau retorika. Hal ini disebabkan karena di zaman Aristoteles retorika menjadi bentuk komunikasi yang sangat populer bagi masyarakat Yunani.
 
Unsur unsur komunikasi menurut Claude E Shannon dan Warren Weaver yaitu pengirim, transmitter, penerima, tujuan dan signal. Kesimpulan tersebut didasarkan atas hasil studi yang mereka lakukan mengenai pengiriman pesan melalui radio dan telepon.
 
Charles Osgood Gerald Miller dan Melvin L De Fleur menambahkan efek dan umpan balik (feedback) sebagai unsur unsur komunikasi. Umpan balik dan efek sebagai unsur komunikasi ini nantinya lebih banyak dikembangkan pada proses komunikasi antarpribadi (persona) dan komunikasi massa.
 
Perkembangan terakhir ialah munculnya pandangan Joseph de Vito, K Sereno dan Erika Vora yang menilai lingkungan merupakan unsur komunikasi yang tidak kalah pentingnya dalam mendukung terjadinya proses komunikasi.
 
Untuk Lebih Jelasnya mengenai unsur unsur komunikasi sebagai berikut :
1. Sumber
Sumber merupakan salah satu dari unsur unsur komunikasi. Semua peristiwa komunikasi yang terjadi melibatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi. Di dalam komunikasi antarmanusia, sumber ini bisa terdiri dari satu orang maupun dalam bentuk kelompok, Contoh : partai, lembaga atau organisasi. Sumber sering juga disebut sebagai pengirim (komunikator).
2. Pesan
Pesan adalah salah satu dari unsur unsur komunikasi. Pesan yang dimaksud di dalam proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan tersebut dapat disampaikan secara tatap muka atau melalui media komunikasi. Isi dari pesan tersebut dapat berupa informasi, ilmu pengetahuan, hiburan, nasihat atau propaganda.
3. Media
Media ialah salah satu dari unsur unsur komunikasi. Media yang dimaksud di sini sebagai alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima. Ada yang menilai bahwa media bisa bermacam-macam bentuknya, Contohnya : dalam komunikasi pribadi pancaindera dianggap sebagai media komunikasi.
4. Penerima
Penerima merupakan salah satu dari unsur unsur komunikasi. Penerima adalah pihak yang nantinya akan menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima ini bisa saja terdiri atas satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelompok, negara atau partai. Penerima sebagai elemen yang penting dalam proses komunikasi karena penerima yang menjadi sasaran dari komunikasi.
5. Pengaruh atau Efek
Pengaruh adalah salah satu dari unsur unsur komunikasi. Efek atau Pengaruh adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, apa yang dilakukan, apa yang dirasakan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini bisa terjadi pada sikap, tingkah laku dan pengetahuan. Oleh sebab itu, pengaruh dapat juga diartikan sebagai perubahan atau penguatan keyakinan pada pengetahuan, tindakan dan sikap seseorang sebagai akibat penerimaan pesan.
6. Tanggapan Balik
Tanggapan balik ialah salah satu dari unsur unsur komunikasi. Umpan balik merupakan salh satu bentuk daripada pengaruh yang berasal dari penerima. Sebenarnya umpan balik juga berasal dari unsur lain seperti media dan pesan, meskipun pesan belum sampai pada penerima. Contohnya : sebuah konsep surat yang digunakan untuk menyampaikan pesan itu mengalami gangguan sebelum sampai ke tujuannya. Hal ini menjadi tanggapan balik yang diterima oleh sumber.
7. Lingkungan
Lingkungan merupakan salah satu dari unsur unsur komunikasi. Lingkungan merupakan faktor faktor tertentu yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi. Faktor lingkungan digolongkan ke dalam empat macam, yaitu lingkungan psikologis, lingkungan sosial budaya, lingkungan fisik dan dimensi waktu.
 
Jadi, setiap unsur unsur komunikasi ini memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun proses komunikasi. Ketujuh unsur unsur komunikasi saling bergantungan satu sama lainnya, yang berarti bahwa tanpa keikutsertaan salah satu unsur saja akan memberi pengaruh pada jalannya komunikasi.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian komunikasi, unsur unsur komunikasi dan sejarah komunikasi. Semoga tulisan dari informasi ahli mengenai pengertian komunikasi, unsur unsur komunikasi dan sejarah komunikasi dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Hafied Cangara, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Penerbit Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Gambar Pengertian Komunikasi, Unsur Unsur Komunikasi dan Sejarah Komunikasi
Gambar Pengertian Komunikasi, Unsur Unsur Komunikasi dan Sejarah Komunikasi