Faktor Faktor Penyebab Konflik

Loading...

Pembahasan Mengenai Faktor Faktor Penyebab Konflik

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai faktor faktor penyebab konflik.
 
Faktor faktor penyebab konflik antara lain :
1. Saling bergantungan. Saling bergantungan dalam pekerjaan terjadi jika dua kelompok organisasi atau lebih saling membutuhkan satu sama lain untuk menyelesaikan tugas.
2. Perbedaan Tujuan. Perbedaan tujuan yang ada di antara satu bagian dengan bagian yang lain, seperti unit produksi yang memiliki tujuan semaksimal mungkin biaya produksi dan mengusahakan sesedikit mungkin kerusakan produk sementara bagian penelitian dan pengembangan berurusan dengan pengembangan ide-ide baru untuk mengubah dan mengembangkan produk yang berhasil secara komersial. Hal ini dapat menjadi potensi untuk memunculkan konflik.
3. Perbedaan Persepsi. Dalam menghadapi suatu masalah, apabila terjadi perbedaan persepsi (pandangan), maka hal itu dapat menyebabkan munculnya konflik.
 
Faktor faktor penyebab konflik Menurut  Smith, Mazzarella dan Piele, yaitu :
1. Masalah komunikasi, yang bisa terjadi pada masing-masing atau gabungan dari unsur-unsur komunikasi, yaitu sumber sumber komunikasi, pesan, penerima pesannya dan saluran.
2. Struktur organisasi, yang secara potensial dapat memunculkan konflik. Tiap departemen atau fungsi dalam organisasi memiliki tujuan, kepentingan dan juga program sendiri-sendiri yang seringkali berbeda dengan yang lain.
3. Faktor manusia. Sifat dan kepribadian manusia satu dengan yang lain unik dan berbeda. Hal ini yang menjadi potensi munculnya konflik.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai faktor faktor penyebab konflik, semoga tulisan informasi ahli mengenai faktor faktor penyebab konflik dapat bermanfaat.

Sumber Tulisan Informasi Ahli :

– Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Faktor Faktor Penyebab Konflik
Gambar Faktor Faktor Penyebab Konflik