Macam Macam Demokrasi

Loading...

Pembahasan Mengenai Macam Macam Demokrasi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai macam macam demokrasi.
 
Menurut Professor Logemann, macam macam demokrasi ada 4 yaitu :
1. Demokrasi Sederhana
Pengertian Demokrasi Sederhana adalah demokrasi yang terdapat di desa-desa dan merupakan demokrasi yang didasarkan atas gotong royong dan musyawarah. Dalam melaksanakan demokrasi sederhana ini, selalu diadakan pembicaraan-pembicaraan yang terus berlangsung sampai terjadi kata sepakat yang bulat, sehingga dengan musyawarah ini terdapat persamaan paham mengenai sesuatu hal untuk kepentingan bersama. Demokrasi sederhana ini dengan dasar gotong royong dan musyawarah sejak dahulu kala telah tertanam di desa-desa.
 
2. Demokrasi Liberal (Demokrasi Barat)
Pengertian Demokrasi Liberal adalah sistem demokrasi yang didasarkan atas kemerdekaan perseorangan, yang bersifat individual. Demokrasi liberal ini oleh kaum komunis disebut sebagai demokrasi kapitalis, oleh karena di dalam melaksanakan demokrasi liberal ini kaum kapitalis selalu memperoleh kemenangan disebabkan oleh pengaruhnya uang guna menguasai publik opinion atau pandangan umum. Demokrasi liberal ini dianut oleh negara-negara Amerika dan Eropa Barat.
 
3. Demokrasi Rakyat (Demokrasi Timur)
Pengertian Demokrasi Rakyat adalah demokrasi yang memandang manusia sebagai alat untuk disempurnakan. Dalam demokrasi rakyat ini, manusia dianggap sebagai alat atau mesin yang secara otomatis dapat diubah, dididik dan dibentuk agar kemudian menjadi manusia yang sempurna. Demokrasi rakyat ini dianut oleh negara-negara komunis, contohnya : Rusia, RRC dan lain-lain.
 
4. Demokrasi Fasisme dan Nazisme (Demokrasi Tengah)
Pengertian Demokrasi Fasisme dan Nazisme adalah demokrasi yang pemerintahannya otoriter. Dalam demokrasi ini hanya diktator saja yang dapat bertindak sebagai wakil rakyat, diktator menganggap dirinya sebagai eksponen rakyat sebab, ia dapat mengetahui isi hati yang dikandung dalam kalbu rakyat. Demokrasi fasisme dan nazisme ini pernah dianut oleh Italia di masa Mussolini dan Jerman di masa Hitler.
 
Dengan empat macam macam demokrasi tersebut terdapat hubungan, oleh karena demokrasi-demokrasi ini semuanya mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk kehidupan yang lebih baik. Yang berbeda dari macam macam demokrasi di atas yaitu pelaksanaannya.
 
Dalam demokrasi liberal, manusia dianggap mempunyai tujuan tersendiri, jadi manusia tidak dianggap sebagai alat belaka, melainkan manusia dipandang sebagai makhluk hidup yang mempunyai tujuan sendiri. Untuk mencapai kesempurnaan manusia secara perorangan, maka kepada manusia harus diberikan kemerdekaan dalam segala hal. Jika hal ini terjadi, maka setiap orang dengan sendirinya akan mencapai kesempurnaannya. Dalam Demokrasi liberal terdapat larangan untuk memaksa manusia yang merdeka dan melarang manusia sebagai alat belaka.
 
Terutama kaum komunis menyebut demokrasi liberal sebagai demokrasi kapitalis, meskipun seorang warga negara berhak untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan umum, akan tetapi kaum kapitalis ternyata telah memiliki suatu pengaruh besar terhadap paham umum (Publik opinion). Caranya ialah dengan mempergunakan kekayaannya untuk menguasai alat-alat penerangan dan perhubungan, contohnya : televisi, radio, pers, bioskop, kapal terbang, kereta api, kendaraan bermotor dan sebagainya. Alat-alat yang sangat diperlukan oleh masyarakat ini sebagai besar dikuasai oleh hukum kapitalis dan dengan berkuasa atas alat-alat tersebut, maka kaum kapitalis telah dapat mempengaruhi dan merebut paham umum, sehingga hasil pemilihan umum hanyalah merupakan hasil kemenangan kaum kapitalis.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai macam macam demokrasi, semoga tulisan informasi ahli mengenai macam macam demokrasi dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Macam Macam Demokrasi
Gambar Macam Macam Demokrasi