Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia)

Loading...

Pembahasan Mengenai Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia)

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai macam macam HAM (Hak Asasi Manusia).
 
Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia) antara lain dapat dibagi sebagai berikut.
1. Hak Asasi Pribadi (Personal Rights)
Hak Asasi Pribadi adalah hak dasar yang meliputi kebebasan menyatakan pendapat, kebebasan bergerak, kebebasan memeluk agama dan sebagainya.
 
2. Hak Asasi Ekonomi (Property Rights)
Hak Asasi Ekonomi adalah hak untuk memiliki sesuatu, membeli dan menjualnya, serta memanfaatkannya. Contohnya : penjual, pembeli, pebisnis dan lain sebagainya.
 
3. Hak Kesetaraan Hukum (Rights of Legal Equality)
Hak Kesetaran Hukum adalah hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan. Contohnya : Hakim mendengarkan pendapat kedua belah pihak di dalam persidangan.
 
4. Hak Asasi Politik (Political Rights)
Hak Asasi Politik adalah hak untuk ikut serta di dalam pemerintahan, hak pilih (memilih dan dipilih dalam pemilihan umum), hak mendirikan partai politik dan sebagainya.
 
5. Hak hak asasi sosial dan kebudayaan (Social and Culture Rights)
Hak Asasi Sosial adalah hak untuk berinteraksi dengan orang lain dan hak untuk mengembangkan kebudayaan. Contohnya : hak untuk memilih pendidikan, mengembangkan kebudayaan dan sebagainya.
 
6. Hak Prosedural (Procedural Right)
Hak Prosedural merupakan hak untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindunga. Contohnya peraturan dalam hal penangkapan, penggeledahan, peradilan dan sebagainya.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai macam macam HAM (Hak Asasi Manusia), semoga tulisan informasi ahli mengenai macam macam HAM (Hak Asasi Manusia) dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia)
Gambar Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia)