Loading...

Macam Macam Teori Kedaulatan

Pembahasan Mengenai Macam Macam Teori Kedaulatan

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai macam macam teori kedaulatan.
 
Macam macam teori kedaulatan antara lain, teori kedaulatan tuhan (teokrasi), teori kedulatan negara, teori kedaulatan rakyat (demokrasi), teori kedaulatan hukum (supremacy of law).
1. Teori Kedaulatan Tuhan (Teoraksi)
Teori kedaulatan tuhan ini mengajarkan bahwa pemerintah atau neara memperoleh kekuasaan yang tertinggi itu dari Tuhan. Para penganjur teori kedaulatan tuhan ini berpendapat bahwa dunia beserta isinya hasil ciptaan Tuhan. Apa saja yang ada di dunia ini berasal dari Tuhan begitu juga  dengan kedaulatan yang ada pada pemerintah maupun raja-raja pada waktu memegang pemerintahan adalah berasal dari Tuhan juga. Oleh karena itu raja-raja atau pemerintah harus mempergunakan kedaulatan yang diperolehnya itu sesuai dengan kehendak Tuhan.
 
2. Teori Kedaulatan Negara
Teori kedaulatan negara ini mengajarkan bawah negara itu merupakan kodrat alam, demikian juga kekuasaan yang tertinggi yang ada pada pemimpin negara itu. Adapun kodrat alam itu merupakan sumber dari kedaulatan. Hukum itu mengikat karena dikehendaki oleh negara yang menurut kodrat memiliki kekuasaan yang mutlak.
 
3. Teori Kedaulatan Rakyat (Demokrasi)
Teori kedaulatan rakyat (demokrasi) ini mengajarkan bahwa negara memperoleh kekuasaan dari rakyatnya yang bukan dari Tuhan atau dari raja. Teori kedaulatan rakyat ini tidak sependapat dengan teori kedaulatan Tuhan dan mengemukakan kenyataan-kenyataan yang tidak sesuai dengan apa yang diajarkan oleh teori kedaulatan Tuhan :
(a) Raja yang seharusnya memerintah rakyat dengan adil, jujur dan baik hati sesuai dengan kehendak Tuhan, namun kenyataannya raja-raja bertindak dengan sewenang-wenang terhadap rakyat.
(b) Apabila kedaulatan ini berasal dari TUhan, mengapakah dalam suatu peperangan antara raja lain dapat mengakibatkan kalahnnya salah seorang raja.
Kenyataan-kenyataan ini menimbulkan keragu-raguan yang mendorong ke arah tumbulnya alam pikiran baru yang memberi tempat pada pikiran manusia. Alam pikiran baru ini dalam bidang kenegaraan melahirkan suatu paham baru, yaitu teori kedaulatan rakyat.
Paham mengenai teori kedaulatan rakyat ini merupakan reaksi terhadap teori kedaulatan Tuhan dan teori kedaulatan raja dan kemudian menjelma dalam Revolusi Prancis, sehingga menguasai seluruh dunia hingga sekarang dalam bentuk mitos yang memuat paham kedaulatan rakyat dan perwakilan (demokrasi).
 
4. Teori Kedaulatan Hukum (Supremacy of Law)
Teori kedaulatan hukum ini mengajarkan bahwa pemerintah memperoleh kekuasaannya itu bukanlah dari Tuhan, raja, rakyat maupun negara, akan tetapi berdasarkan atas hukum. Jadi yang berdaulat adalah hukum. Baik pemerintah atau rakyat memperoleh kekuasaan itu dari hukum.
Professor H. Krabbe mengemukakan teorinya yang mentang ajaran teori kedaulatan negara, menurut beliau berlakunya hukum itu bersandar pada kewibawaan yang tidak bersifat perseorangan dari hukum dan tidak pada kewibawaan yang persoonlikk dari raja. kewajiban rakyat untuk tunduk berdasarkan pada kewibawaan hukum yang onpersoonlijk (tidak bersifat perorangan) itu, karena pada akhirnya hukum itu berdasarkan pada kesadaran hukum dari rakyat. Ini berarti bahwa UU akan batal apabila UU itu tidak sesuai dengan kesadaran hukum dari rakyat.
Teori kedaulatan hukum itu pada dasarnya tidak mengakui kekuasaan persoonlijk (yang bersifat perorangan), tetapi ia hanya mengakui rahoni daripada hukum. Teori kedaulatan hukum itu tidak menerima kekuasaan pemerintah yang dijalankan menurut kehendaknya sendiri, tetapi ia hanya menyambut kewibawaan pemerintah.
Menurut Hans Kelsen, hukum itu berlaku karena orang semestinya bertingkah laku sebagaimana yang dikehendaki oleh hukum.
Menurut A.V. Dicey, Hukumlah yang supreme (yang tertinggi) dan semua orang harus tunduk kepada hukum, baik penguasa (pemerintah) maupun rakyat tunduk kepada hukum yang sama, yaitu common law (di Inggris). Jadi tidak ada diskriminasi dalam hukum.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai macam macam teori kedaulatan, semoga tulisan informasi ahli mengenai macam macam teori kedaulatan dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Macam Macam Teori Kedaulatan

Gambar Macam Macam Teori Kedaulatan

 
Macam Macam Teori Kedaulatan | ali samiun |