Pengertian Angket dan Jenis Angket

Loading...

Pembahasan Mengenai Pengertian Angket dan Jenis Jenis Angket

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian angket dan jenis jenis angket.
 
Pengertian Angket adalah daftar pertanyaan atau pernyataan yang dikirimkan kepada responden, baik dilakukan secara langsung atau tidak langsung (melalui pos atau perantara).

| Jenis Jenis Angket |

Jenis jenis angket ada 2, yaitu jenis angket tertutup dan jenis angket terbuka.
Pengertian Angket Tertutup adalah angket yang mempunyai bentuk-bentuk pertanyaan, seperti ya, tidak, pilihan ganda, skala penilaian dan daftar cek.
Pengertian Angket Terbuka adalah angket yang mempunyai bentuk pertanyaan berupa jawaban singkat atau uraian singkat berbentuk isian.
 
Tujuan Angket yaitu untuk mengumpulkan informasi secara lengkap mengenai suatu masalah, di mana responden tidak merasa khawatir jika memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan realita dalam pengisian daftar pertanyaan.

| Bentuk Skala dalam Angket |

Banyak sekali jenis skala yang dapat digunakan dalam membuat angket. Lebih lanjut mengenai skala tersebut di bahas di bawah ini.
1. Angket dengan Skala Borgadus
Pengertian Skala Borgadus adalah salah satu bentuk skala untuk mengukur jarak sosial yang dikembangkan oleh Emory S Borgadus. Jarak sosial adalah derajat pengertian atau keintiman yang merupakan ciri hubungan sosial secara umum, dengan kontinum sangat intim, intim, netral, benci dan sangat benci atau bentuk yang sejenis dengan kata-kata tersebut. Penyusunan pertanyaan harus jelas urutan kualitasnya. Kualitas dapat dimulai dari yang rendah ke tinggi atau sebaliknya.
2. Angket dengan Skala Sosiometrik
Pengertian Skala Sosiometrik adalah salah satu bentuk skala yang mengukur jarak hubungan sosial yang dikembangkan oleh J.I. Moreno dan Helen H . Jennings. Skala ini lebih tepat untuk mengukur penerimaan atau penolakan terhadap sesuatu dalam lingkungan atau kelompok tertentu. Contohnya di lingkungan sekolah, perusahaan, kantor dan sebagainya.
3. Angket dengan Skala Penilaian
Pengertian Skala Penilaian adalah skala yang digunakan jika diyakini bahwa responden mengetahui bidang yang dinilai.
4. Angket dengan Skala Ranking
Pengertian Skala Ranking ialah skala yang digunakan untuk memberikan daftar penilaian kepada koresponden untuk menilai.
5. Angket dengan Skala Thurstone
Pengertian Skala Thurstone adalah skala yang digunakan untuk mengurutkan responden berdasarkan ciri-ciri tertentu. Skala ini jarang dipakai oleh peneliti karena memerlukan waktu yang relatif lebih banyak.
6. Angket dengan Skala Likert
Pengertian Skala Likert adalah skala yang paling sering digunakan untuk mengukur pendapat, sikap dan persepsi responden mengenai sesuatu objek. Angket dengan skala ini sering digunakan karena pembuatannya relatif mudah dan tingkat reliabilitasnya tinggi.
7. Angket dengan Skala Guttman
Pengertian Skala Guttman adalah skala yang merupakan pengembangan dari bentuk skala borgadus. Karena skala borgadus memiliki kelemahan adanya bias dalam mengisi. Hal ini disebabkan urutan pertanyaan atau pernyataannya jelas dari sukar ke mudah atau sebaliknya. Guttman memperbaiki cara ini dengan penyusunan secara acak sehingga responden perlu berhati-hati dalam mengisinya.
8. Angket dengan Skala Perbedaan Semantik
Pengertian Skala Perbedaan semantik adalah skala yang meminta responden untuk memberikan penilaiannya terhadap suatu konsep atau objek tertentu. Contohnya, kepemimpinan, sikap wiraswasta, keadaan iklim organisasi, prosedur kerja dan lain sebagainya. Angket skala ini terdiri atas tujuh kolom dengan bipolar yang saling bertentangan Untuk menghindari bias, maka polar positif dan negatif disusun secara acak atau tidak teratur. Sifat bipolar dapat ditentukan melalui pengalaman pribadi atau meminta pendapat pakarnya.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian angket, jenis jenis angket dan tujuan angket, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian angket, jenis jenis angket dan tujuan angket dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Husaini Usman dan Purnomo, 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit PT Bumi Aksara : Jakarta.
Gambar Pengertian Angket dan Jenis Jenis Angket
Gambar Pengertian Angket dan Jenis Jenis Angket