Pengertian Asas Desentralisasi dan Dekonsentrasi

Loading...

Pembahasan Mengenai Pengertian Asas Desentralisasi dan Pengertian Asas Dekonsentrasi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian asas desentralisasi dan pengertian asas dekonsentrasi.
 
Pengertian Asas Desentralisasi adalah asas yang menyatakan penyerahan sejumlah urusan pemerintahan dari pemerintah pusat atau dari pemerintah daerah tingkat yang lebih tinggi kepada pemerintah daerah tinkat yang lebih rendah, sehingga menjadi urusan yang diserahkan tadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab daerah tersebut, baik mengenai politik kebijaksanaan, perencanaan dan pelaksanaannya maupun mengenai segi-segi pembiayaan. Perangkat pelaksanaannya adalah perangkat daerah sendiri.
 
Pengertian Asas Dekonsentrasi adalah asas yang menyatakan pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat atau kepala wilayah atau kepala instansi vertikal tingkat yang lebih tinggi kepada pejabat-pejabatnya di daerah. Tanggung jawab tetap ada pada pemerintah pusat, baik perencanaan dan pelaksanaannya maupun pembiayaannya.
 
Asas desentralisasi dan asas dekonsentrasi merupakan dua asas yang dianut di dalam penyelenggaraan otonomi daerah. Dengan mengacu kepada kedua asas ini pemerintah menjalankan kekuasaan pemerintahannya.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian asas desentralisasi dan pengertian asas dekonsentrasi, semoga tulisan saya mengenai pengertian asas desentralisasi dan pengertian asas dekonsentrasi dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Pengertian Asas Desentralisasi dan Pengertian Asas Dekonsentrasi
Gambar Pengertian Asas Desentralisasi dan Pengertian Asas Dekonsentrasi