Loading...

Pengertian Demokrasi dan Ciri Ciri Negara Demokrasi

Pembahasan Mengenai Pengertian Demokrasi dan Ciri Ciri Negara Demokrasi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian demokrasi dan Ciri CIri Negara Demokrasi.
 
Menurut Hans Kelsen, Pengertian Demokrasi adalah suatu pemerintahan yang dibuat oleh rakyat dan digunakan untuk melindungi kepentingan rakyat.
Yang melaksanakan kekuasaan negara demokrasi ialah wakil-wakil rakyat yang terpilih, yang di mana rakyat yakin bawah segala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan di dalam melaksanakan kekuasaan negara tersebut.
Cara melaksanakan kekuasaan negara demokrasi yaitu dengan senantiasa mengingat kehendak dan keinginan rakyat, jadi tiap-tiap tindakan  dalam melaksanakan kekuasaan negara tidak bertentangan dengan kehendak dan kepentingan rakyat, bahwa sedapat mungkin berusaha untuk memenuhi segala keinginan rakyat.
Banyaknya kekuasan negara demokrasi yang boleh dilaksanakan tidaklah dapat ditentukan dengan angka-angka, namun sebanyak mungkin untuk memperoleh hasil yang diinginkan oleh rakyat, asal saja tidak menyimpang dari dasar-dasar pokok demokrasi.
 
Menurut Sidney Hook, Pengertian Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang dimana keputusan yang dibuat oleh pemerintah, baik itu secara langsung maupun tidak langsung berdasarkan pada kesepakatan dari mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.
 
Pengertian Demokrasi dari Pendapat Henry B. Mayo, Demokrasi adalah suatu sistem politik yang menunjukkan bahwa kebijakan umum yang diambil ditentukan oleh mayoritas dari wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat di dalam pemilihan berkala yang berdasarkan pada prinsip kesamaan politik dan penyelenggaraanny di dalam suasana terjaminnya kebebasan politik.

| Ciri Ciri Negara Demokrasi |

Ciri Ciri Negara Demokrasi yaitu pada setiap keputusannya selalu didasarkan atas kelebihan suara. Di Indonesia selalu timbul perjuangan untuk merebut suara terbanuak pada setiap persoalan di antara golongan-golongan. Golongan besar memperoleh suara terbanyak, sedangkan golongan yang kecil menderita kekalahan. Meskipun demikian, perjuangan demokrasi dalam perebutan suara terbanyak itu bukanlah suatu hal antara hidup atau mati, sebab golongan kecil juga tetap berhak untuk duduk di dalam pemerintahan. Jadi berlainan dengan perjuangan dalam pemerintahan otokrasi atau diktator, yang di mana golongan kalah, yaitu golongan rakyat yang tidak termasuk golongan atau partai diktator, tidak berarti sama sekali. 
 
Dalam Negara demokrasi, golongan kecil yang kalah suara, jika tidak mau duduk dalam pemerintahan, maka mereka berhak untuk mengadakan koreksi sebagai golongan oposisi terhadap pemerintahan, yaitu dari holongan yang lebih besar. Dengan adanya kritik-kritik dari kaum oposisi tehadap cara melaksanakan pemerintahan dan kebijaksanaan pemerintah itu, maka timbullah suatu kompromi atau persesuaian pendapat untuk perbaikan kebijaksanaan pemerintah. Kompromi ini dalam alam demokrasi merupakan suatu corak dan pertanyaan khusus, sebab dengan kompromi ini, golongan besar membuktikan perhatiannya terhadap golongan kecil.
 
Kompromi ini dalam negara demokrasi merupakan faktor penentu untuk demokrasi. Kelemahan kompromi dalam negara demokrasi yaitu usaha-usaha ppemerintah terpaksa harus berhenti dahulu untuk mengadakan kompromi itu.
Kelebihan kompromi dalam negara demokrasi yaitu kehendak dan kepentingan rakyat kecil dapat ikut diperhatikan, perhatian pemerintah menjadi lebih luas meliputi sebagai besar dari rakyat banyak, termasuk golongan kecil, tidak hanya untuk kepentingan golongan demokrasi besar saja.
 
Fungsi Demokrasi yaitu sebagai suatu metode atau cara untuk mengatur tata tertib masyarakat dan juga untuk mengadakan perubahan masyarakat, menentukan corak kebudayaan sendiri, menentukan kebebasan bergerak, menyatakan pendapat dan tulisan, menentukan kebebasan pers, berkumpul, menganut agama atau kepercayaan dan keyakinan masing-masing dan sebagainya. Dalam negara demokrasi terdapat persamaan kemerdekaan bagi setiap orang. Kemerdekaan atau kebebasan setiap manusia merupakan jiwa dari demokrasi.
 
Kebebasan untuk setiap manusia itu diatur oleh pemerintah. Oleh karena itu, demokrasi rakyat hanya dapat dicapai jika rakyat dengan perantaraan wakil-wakilnya yang dipercayakan mengatur atau ikut mengatur ketentuan peraturan-peraturan pemerintah tersebut.
 
Demokrasi ini menghendaki adanya kemerdekaan dan persamaan. Demokrasi materiil mewujudkan adanya isi negara atau tata negara dari suatu negara. Demokrasi formal mewujudkan bentuk negara.
 
Sekian dari Informasi ahli mengenai pengertian demokrasi dan ciri ciri demokrasi, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian demokrasi dan ciri ciri negara demokrasi dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Pengertian Demokrasi dan Ciri Ciri Negara Demokrasi

Gambar Pengertian Demokrasi dan Ciri Ciri Negara Demokrasi

 
Pengertian Demokrasi dan Ciri Ciri Negara Demokrasi | ali samiun |