Pengertian HAM dan Sejarah HAM

Pembahasan Mengenai Pengertian HAM dan Sejarah HAM

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian ham dan sejarah ham.
 
Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) adalah hak-hak dasar (pokok) yang dibawa oleh manusia sejah lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Hak Asasi Manusia ini menjadi dasar dari hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang lain.
 
Menurut Sejarahnya, Asal mula HAM itu dimulai dari Eropa Bara, yaitu di Negara Inggris. Tonggak pertama kemenangan HAM ialah pada tahun 1215 dengan lahirnya Magna Charta.
 
Di dalam Magna Charta itu tercantum kemenangan para bangsawan atas raja Inggris. Di dalamnya dijelaskan bahwa raja tidak lagi bertindak sewenang-wenang. Dalam hal-hal tertentu, raja di dalam tindakannya harus mendapat persetujuan para bangsawan. Walaupun hal itu terbatas dalam hubungan antara raja dengan bangsawan, tetapi kemudian terus berkembang. Sebagai suatu prinsip, hal ini merupakan suatu kemenangan, sebab hak-hak tertentu telah diakui oleh pemerintah.
 
Perkembangan berikutnya dalam sejarah HAM yaitu adanya Revolusi Amerika pada tahun 1776 dan Revolusi Prancis pada tahun 1789. Kedua revolusi dalam abad ke 18 ini besar sekali pengaruhnya pada perkembangan hak asasi manusia tersebut. Revolusi Amerika menuntut adanya hak bagi setiap orang untuk hidup merdeka, dalam hal ini hidup berbas dari kekuasaan Inggris.
 
Revolusi besar Prancis pada tahun 1789 bertujuan untuk membebaskan manusia warga negara Prancis dari kekangan kekuasaan mutlak dari seorang raja penguasa tunggal negara di Prancis pada tahun itu yaitu Raja Louis ke 16. Istilah yang dipakai pada waktu itu adalah “dtroit de l’homme” yang berarti “mensen rechten” dalam bahasa Belanda dan di Indonesia disebut dengan HAM (Hak Asasi Manusia).
 
Yang dimaksud dengan HAM adalah hak yang melekat pada martabat manusia sebagai insan Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, Contohnya : Hak hidup dengan selamat, hak kebebasan dan kesamaan, yang sifatnya tidak boleh dilanggar oleh siapa pun juga.
 
Sekiand dari informasi ahli mengenai pengertian ham dan sejarah ham, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian ham dan sejara ham dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) dan Sejarah HAM (Hak Asasi Manusia)

Gambar Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) dan Sejarah HAM (Hak Asasi Manusia)

 
Pengertian HAM dan Sejarah HAM | ali samiun |