Pengertian Hukum Acara Perdata Menurut Ahli

Pembahasan Mengenai Pengertian Hukum Acara Perdata

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian hukum acara perdata menurut para ahli.
 
Menurut Wirjono Prodjodikoro, Pengertian Hukum Acara Perdata adalah suatu rangkaian dari peraturan-peraturan yang memuat cara bagaimana orang harus bertindak dimuka pengadilan dan bagaimana cara pengadilan tersebut harus bertindak, satu sama lain untuk melaksanakan berjalannya peraturan-peraturan hukum perdata.
 
Pengertian Hukum Acara Perdata menurut Sukdikno Mertokusumo adalah Peraturan-peraturan hukum yang mengatur bagaimana caranya menjamin ditaatinya hukum perdata materil dengan perantara hakim.
 
R Supomo mengatakan Pengertian Hukum Acara Perdata adalah bagaimana seorang hakim mempertahankan tata hukum perdata, menetapkan apa yang ditentukan oleh hukum dalam suatu perkara.
 
Inti dari berbagai macam definisi hukum acara perdata di atas ini, agaknya tidak berbeda dengan apa yang telah dirumuskan dalam Laporan Hasil Simposium Pembaharuan Hukum Perdata Nasional yang diselenggarakan oleh BPHN Departemen Kehakiman, Pengertian Hukum Acara Perdata adalah hukum yang mengatur bagaimana caranya menjamin ditegakkannya atau dipertahankannya hukum perdata materil.
 
Hukum perdata materil yang ingin ditegakkan atau dipertahankan dengan hukum acara perdata tersebut meliputi peraturan hukum yang tertulis dalam bentuk peraturan perundang-undangan (seperti BW, UUPA, UU Perkawinan) dan hukum yang tidak tertulis berupa hukum adat yang hidup dalam masyarakat. Hukum perdata tersebut harus ditaati oleh setiap orang agar tercipta ketertiban dan ketentraman dalam masyarakat.
 
Dari sisi lain dapat dikatakan bahwa pelanggaran terhadap hukum perdata itu akan menimbulkan perkara perdata, yaitu perkara dalam ruang lingkup hukum perdata. Bagaimana caranya menyelesaikan perkara perdata ini di dalam negara yang berdasarkan hukum, tidak boleh dengan cara main hakim sendiri, akan tetapi harus dengan cara yang diatur di dalam Hukum acara perdata. Dapat dikatakan bahwa yang dimaksud dengan Hukum Acara Perdata adalah peraturan hukum yang menentukan bagaimana caranya menyelesaikan perkara perdata melalui badan peradilan.
 
Seluk beluk bagaimana caranya menyelesaikan perkara perdata melalui badan peradilan, semuanya itu telah diatur dalam hukum acara perdata. Dengan adanya hukum acara perdata tersebut, masyarakat merasa ada kepastian hukum bahwa setiap orang dapat mempertahankan hak perdatanya dengan sebaik-baiknya dan setiap orang yang melakukan pelanggaran terhadap hukum perdata yang mengakibatkan kerugian terhadap orang lain dapat dituntut melalui pengadilan. Dengan hukum acara perdata diharapkan terciptanya ketertiban dan kepastian hukum perdata dalam masyarakat.
 
Untuk dapat mencapai tujuan hukum acara perdata sebagaimana disebutkan di atas, maka pada umumnya peraturan-peraturan hukum acara perdata itu bersifat memaksa, karena dianggap menyelenggarakan kepentingan umum,maka peraturan-peraturan hukum acara perdata yang bersifat memaksa ini tidak dapat dikesampingkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan pihak-pihak yang berkepentingan mau tidak mau harus tunduk dan menaatinya. Meskipun demikian, ada juga bagian dari peraturan hukum acara perdata yang bersifat pelengkap, karena dianggap sebagai pengatur penyelenggaraan kepentingan khusus dari yang bersangkutan, maka peraturan hukum acara perdata ini yang bersifat pelengkap dapat dikesampingkan atau disimpangi oleh pihak-pihak yang berkepentingan.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian hukum acara perdata, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian hukum acara perdata dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Riduan Syahrani, 2009. Buku Materi Dasar hukum Acara Perdata. Penerbit PT Citra Aditya Bakti : Bandung.
Gambar Pengertian Hukum Acara Perdata Menurut Para Ahli

Gambar Pengertian Hukum Acara Perdata Menurut Para Ahli

 
Pengertian Hukum Acara Perdata Menurut Ahli | ali samiun |