Loading...

Pengertian Hukum Acara Pidana, Tujuan dan Ruang Lingkupnya

Pembahasan Mengenai Pengertian Hukum Acara Pidana, Ruang Lingkup Hukum Acara Pidana dan Tujuan Hukum Acara Pidana

Informasi Ahli
 
Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian hukum acara pidana, tujuan hukum acara pidana dan ruang lingkup hukum acara pidana.
 
Menurut R. Soesilo, Pengertian Hukum Acara Pidana adalah hukum yang mengatur mengenai tata cara bagaimana menyelenggarakan atau mempertahankan hukum pidana materilnya, sehingga memperoleh keputusan dari hakim dan bagaimana isi keputusan itu harus dilaksanakan.
 
Soesilo Yuwono, Pengertian Hukum Acara Pidana adalah Ketentuan-ketentuan hukum yang memuat tentang hak dan kewajiban dari mereka yang tersangkut dalam proses pidana, serta tata cara dari suatu proses pidana.
 
J.C.T. Simorangkir mengatakan bahwa Pengertian Hukum Acara Pidana adalah hukum acara yang mempertahankan dan melaksanakan hukum pidana materilnya.
 
Dari pengertian hukum acara pidana menurut pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Hukum Acara Pidana adalah Hukum yang mengatur mengenai tata cara pelaksanaan dan penyelenggaraan hukum pidana materil yang berlaku.

| Ruang Lingkup Hukum Acara Pidana |

Ruang lingkup hukum acara pidana lebih sempit yaitu hanya dimulai pada mencari kebenaran, penyelidikannya dan berakhir pada pelaksanaan pidana atau eksekusi oleh jaksa atau penuntut umum. Pembinaan narapidana tidak termasuk dalam hukum acara pidana, apalagi yang menyangkut perencanaan perundang-undangan pidana.
 
Yang diatur dalam hukum acara pidana yaitu cara-cara yang harus ditempuh dalam menegakkan ketertiban hukum dalam masyarakat, sekaligus juga bertujuan melindungi hak hak asasi tiap-tiap individu baik yang menjadi korban maupun si pelanggar hukum.
Dengan adannya Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), maka untuk pertama kalinya di Indonesia diadakan kodifikasi dan unifikasi yang lengkap dalam arti meliputi seluruh proses pidana dari awal atau mencari kebenaran sampai pada kasasi di Mahkamah Agung, bahkan sampai meliputi peninjauan kembali.

| Tujuan Hukum Acara Pidana |

Tujuan Hukum Acara Pidana sebagai berikut :
1. Tujuan hukum acara pidana yaitu untuk mencari dan mendapatkan atau setidak-tidaknya mendekati kebenaran materilnya. Kebenaran materiil adalah suatu kebenaran yang selengkap-lengkapnya dari suatu perkara pidana dengan menerapkan ketentuan hukum acara pidana secara jujur dan tepat.
2. Tujuan hukum acara pidana adalah untuk mencari siapakah pelaku yang dapat didakwakan melakukan suatu pelanggaran hukum.
3. Tujuan hukum acara pidana selanjutnya yaitu untuk meminta pemeriksaan dan putusan dari pengadilan menentukan apakah terbukti bahwa suatu tindak pidana telah dilakukan dan apakah orang yang didakwa itu dapat dipersalahkan.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian hukum acara pidana, tujuan hukum acara pidana dan ruang lingkup hukum acara pidana.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Moch. Faisal Salam, 2001. Hukum Acara Pidana Dalam Teori dan Praktek. Yang Menerbitkan Mandar Maju : Bandung.
Gambar Pengertian Hukum Acara Pidana, Tujuan Hukum Acara Pidana dan Ruang Lingkup Hukum Acara Pidana

Gambar Pengertian Hukum Acara Pidana, Tujuan Hukum Acara Pidana dan Ruang Lingkup Hukum Acara Pidana

 
Pengertian Hukum Acara Pidana, Tujuan dan Ruang Lingkupnya | ali samiun |