Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Ahli

Loading...

Pembahasan Mengenai Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian hukum tata negara.
 
Menurut J.H.A Logemann, Pengertian Hukum Tata Negara adalah serangkaian kaidah hukum mengenai jabatan atau kumpulan jabatan di dalam negara dan mengenai lingkungan berlakunya hukum dari suatu negara.
 
Pengertian Hukum Tata Negara menurut pandanga Van Vollenhoven adalah serangkaian aturan hukum mengenai pendistribusian kekuasaan negara.
 
Van Appeldoorn memberikan dua definisi hukum tata negara, yaitu :
1. Hukum Tata Negara dalam arti Luas adalah mengenai hukum administrasi negara.
2. Hukum Tata Negara dalam arti sempit yaitu menunjukkan orang yang memegang kekuasaan pemerintahan dan batas-batas kekuasaannya.
 
Menurut A.V. Dieey, Pengertian Hukum Tata Negara adalah seluruh peraturan yang secara langsung maupun tidak langsung mengenai pembagian kekuasaan dan pelaksanaan yang tertinggi dalam suatu negara.
 
Pengertian Hukum Tata Negara menurut Djokosutono ialah hukum mengenai jabatan-jabatan negara di dalam rangka pandangan mereka terhadap “negara sebagai organisasi”.
 
Menurut Kusumadi Pudjosewojo, Pengertian Hukum Tata Negara adalah hukum mengatur bentuk negara dalam hubungan kesatuan atau federal dan bentuk pemerintah dalam hubungan kerajaan atau republik yang menunjuk masyarakat-masyarakat hukum yang atasan dan masyarakat hukum yang bawahan beserta tingkatan imbangannya (hierarvhie) yang selanjutnya menegaskan wilayah dan lingkungan dari masyarakat hukum itu, dan akhirnya menunjukkan alat-alat perlengkapan negara yang memegang kekuasaan penguasa dari masyarakat-masyarakat hukum itu beserta susunan (terdiri dari seseorang atau sejumlah orang), wewenang tingkatan imbangnya dari dan antara alat-alat perlengkapan itu.
 
Sekian dari Informasi mengenai pengertian hukum tata negara menurut ahli, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian hukum tata negara menurut ahli dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Pengertian hukum tata negara
Gambar Pengertian hukum tata negara