Pengertian Ilmu Komunikasi dan Sejarahnya

Loading...

Pembahasan Mengenai Apa Itu Ilmu Komunikasi dan Bagaimana Sejarah Ilmu Komunikasi

Hai pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian ilmu komunikasi dan sejarah ilmu komunikasi.
 
Menurut Berger dan Chaffe, Pengertian Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang memahami mengenai produksi pemrosesan dan efek dari simbol serta sistem signal dengan mengembangkan pengujian teori-teori menurut hukum generalisasi, untuk menjelaskan fenomena yang berhubungan dengan produksi, pemrosesan dan efeknya.
 
Definisi komunikasi yang dikemukakan oleh Berger dan Chaffe menerangkan berbagai konteks komunikasi, termasuk juga untuk menerangkan produksi, pemrosesan, efek atau sistem signal di dalam komunikasi antarpribadi, komunikasi massa, komunikasi kelompok, komunikasi politik, komunikasi organisasi, komunikasi pembangunan, komunikasi pendidikan, komunikasi penyuluhan dan lain sebagainya.
 
Menurut Fisher, Ilmu komunikasi mencakup semua dan bersifat efektif. Sifat efektif ilmu komunikasi digambarkan oleh Wilbur Schramm sebagai jalan persimpangan yang ramai, yang semua disiplin ilmu melintasinya. Oleh Schramm membandingkan ilmu komunikasi dengan kota Puba Babelh-Dehre. Di kota tersebut para pengembara singgah, lewat dan meneruskan perjalanannya. Bekas persinggahan para pengembara inilah yang menunjukkan keluasan ilmu komunikasi.
 

| Sejarah Ilmu Komunikasi |

Perkembangan ilmu komunikasi dimulai tahun 1950. Di Amerika Serikat, ilmu komunikasi merupakan peleburan Department of Spech Communication dan Department of Mass Communication menjadi Communication Science.
 
Di Amerika Serikat, tahun 1924, didirikan Speech Association of America (SAA). Tujuannya untuk mengembangkan pengkajian, kritik, penelahan, pengajaran dan implementasi prinsip-prinsip komunikasi yang artistik, humanistik serta ilmiah. Pada tahun 1949, berdiri The National Society for the Study of Communication (NSSC). Organisasi itu pada tahun 1968 memisahkan diri dari Speech Association of America. Tahun 1969 berubah nama menjadi International Communication Association (ICA). Organisasi itu menempatkan ilmu komunikasi sebagai disiplin ilmu maupun profesi. Divisi yang ada di ICA sudah mencerminkan spesialisasi ilmu komunikasi yang antara lain, sebagai berikut :
1. Information system (sistem informasi). Mempelajari pemrosesan, pengolahan dan penyampaian informasi secara mekanis dan matematis.
2. Interpersonal communication (komunikasi antarpribadi). Mempelajari hubungan komunikasi antarpribadi, komunikasi non verbal dan komunikasi kelompok.
3. Mass communication (komunikasi massa). Mengkaji mengenai media massa, peran dan efek yang ditimbulkan.
4. Political communication (komunikasi politik). Menelaah dalam proses penyampaian suatu pesan, yang mempunyai konsekuensi terhadap sistem politik.
5. Organizational communication (komunikasi organisasi). Mempelajari gejala komunikasi yang timbul dalam organisasi dan manajemen.
6. Intercultural communication (komunikasi lintas budaya). Mendalami proses pertemuan antara budaya dari segi komunikasi.
7. Instructional communication (komunikasi pembelajaran). Mendalami komunikasi dalam penerapan teknologi komunikasi, teknologi informasi dan proses pendidikan dan .
8. Health communication (komunikasi kesehatan). Menelaah komunikasi dalam melakukan penyuluhan kesehatan masyarakat.
 
Dari kedelapan spesialisasi tersebut di atas, kita dapat melihat betapa luasnya kajian bidang komunikasi. Severin dan Tankar mengatakan bahwa komunikasi sebagai kombinasi science, skill and Art.
 
Sejarah Ilmu Komunikasi Di Indonesia, pada tahun 1950, tepatnya di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dengan dibukanya Jurusan Publisistik pada Fakultas Sosial dan Politik. Pada tahun 1959, Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia. Di Universitas Padjajaran Bandung sendiri, Fakultas Publisistik berdiri tahun 1960.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian ilmu komunikasi dan sejarah ilmu komunikasi, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian ilmu komunikasi dan sejarah ilmu komunikasi dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Wiryanto, 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Penerbit PT GRASINDO : Jakarta.
Gambar Pengertian Ilmu Komunikasi dan Sejarah Ilmu Komunikasi
Gambar Pengertian Ilmu Komunikasi dan Sejarah Ilmu Komunikasi