Loading...

Pengertian Kelompok dan Klasifikasi Kelompok

Pembahasan Mengenai Pengertian Kelompok dan Klasifikasi Kelompok

Hai Pembaca, kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian kelompok dan klasifikasi kelompok.
 
Pengertian Kelompok adalah dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantung, yang saling bergabung untuk mencapai sasaran-sasaran tertentu.
Pengertian Kelompok adalah kumpulan dua orang atau lebih yang berinteraksi satu sama lain sedemikian rupa, sehingga perilaku atau kinerja seseorang dipengaruhi oleh kinerja atau perilaku anggota yang lain.

| Klasifikasi Kelompok |

Klasifikasi kelompok ada 2 (dua) yaitu :
1. Kelompok Formal
Pengertian Kelompok Formal adalah kelompok yang sengaja dibentuk dengan keputusan manajer melalui suatu bagan organisasi untuk menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien. Kelompok formal ini terdiri dari :
(a) Kelompok Komando, yaitu kelompok yang ditentukan oleh bagan organisasi dan melaksanakan tugas-tugas rutin organisasi. Kelompok ini terdiri dari bawahan yang melapor dan bertanggung jawab secara langsung kepada pimpinan tertentu.
(b) Kelompok Tugas, adalah kelompok yang bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas atau proyek tertentu. Contohnya : Mahasiswa di perguruan tinggi, dalam setiap perkuliahan biasanya memiliki kelompok untuk menyelesaikan tugas tertentu dari dosen.
 
2. Kelompok Informal
Pengertian Kelompok Informal adalah suatu kelompok yang tidak dibentuk secara formal melalui strutur organisasi, akan tetapi muncul karena adanya kebutuhan akan kontak sosial.
Kelompok informal dibedakan menjadi :
(a) Kelompok persahabatan, yang terbentuk karena adanya kesamaan-kesamaan mengenai sesuatu mengenai sesuatu hal, seperti hobi, status perkawinan, jenis kelamin, latar belakang, pandangan politik dan lain sebagainya. Contohnya : orang-orang yang memiliki hobi yang sama, mereka bergabung membentuk kelompok persahabatan.
(b) Kelompok kepentingan, ialah kelompok yang berafiliasi untuk mencapai sasaran yang sama. Sasaran jenis ini tidak berkaitan dengan tujuan organisasi, akan tetapi semata-mata untuk mencapai kepentingan kelompok itu sendiri.
 
Sekian dari Informasi ahli akan membahas mengenai pengertian kelompok dan klasifikasi kelompok, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian kelompok dan klasifikasi kelompok dapat bermanfaat

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional. Penerbit Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Kelompok dan Klasifikasi Kelompok

Gambar Pengertian Kelompok dan Klasifikasi Kelompok

 
Pengertian Kelompok dan Klasifikasi Kelompok | ali samiun |