Pengertian Konseling Menurut Para Ahli

Pembahasan Mengenai Pengertian Konseling Menurut Para Ahli

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian konseling menurut para ahli.
 
Menurut Alan M Schmuller dan Donald G. Mortenson, Pengertian Konseling adalah suatu proses hubungan seorang dengan seorang, di mana yang seorang dibantu oleh orang lainnya untuk meningkatkan pengertian dan kemampuannya dalam menghadapi masalahnya.
 
Menurut Arthur J. Jones dan Buffon Stefflre and Norman R. Stewart, Pengertian Konseling ialah hubungan profesional antara konseling terlatih dengan klien. Hubungan ini biasanya antara orang ke orang meskipun kadang-kadang melibatkan lebih dari dua orang dan dirancang untuk membantu klien memahami dan memperjelas pandangannya mengenai ruang hidupnya sehingga dia dapat mimilih cara untuk membuat pilihan yang bermakna dan informasi yang tersedia baginya.
 
Pengertian Konseling menurut Herbert M Burks adalah suatu proses yang berorientasikan belajar, dilaksanakan dalam suatu lingkungan sosial, antara seorang dengan seorang yang lain, di mana seorang konselor harus memiliki kemampuan profesional dalam bidang keterampilan dan pengetahuan psikologi. Konselor berusaha membantu klien dengan metode yang sesuai atau cocok dengan kebutuhan klien tersebut dalam hubungannya dengan keseluruhan program, agar individu mempelajari secara lebih baik mengenai dirinya sendiri dan belajar bagaimana memanfaatkan pemahaman mengenai dirinya untuk memperoleh tujuan-tujuan hidup yang lebih realistis, sehingga klien dapat menjadi anggota dari masyarakat yang berbahagia dan lebih produktif.
 
Menurut Wren, Pengertian Konseling adalah suatu relasi antara pribadi yang dinamis, antara dua orang yang berusaha untuk memecahkan sebuah masalah dengan mempertimbangkannya secara bersama-sama, sehingga pada akhirnya orang yang lebih muda atau orang yang mempunyai kesulitan yang lebih banyak diantara keduanya dibantu oleh yang lain untuk memecahkan masalahnya berdasarkan penentu diri sendiri.

Pengertian Konseling menurut Pepensky adalah suatu proses interaksi yang terjadi antara dua orang individu yang disebut konselor dan klien, terjadi dalam situasi yang berisifat pribadi, diciptakan dan dibina sebagai suatu cara untuk memudahkan terjadinya perubahan-perubahan tingkah laku klien, sehingga ia memperoleh keputusan yang memuaskan kebutuhannya.

 
Menurut L. R. Wolberg, Pengertian Konseling adalah bentuk wawancara di mana klien ditolong untuk mengerti lebih jelas dirinya sendiri, untuk memperbaiki kesulitan yang berkaitan dengan lingkungan atau untuk dapat memperbaiki kesukaran penyesuaian.
 
Menurut F. P. Robinson, Pengertian Konseling ialah hubungan antara dua orang di mana yang seorang klien merupakan klien, dibantu untuk lebih mampu menyesuaikan diri secara efektif terhadap dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya. Suasana hubungan di dalam konseling ini meliputi penggunaan wawancara untuk mendapatkan dan memberikan berbagai informasi, mengajar dan juga melatih.
 
sekian pembahasan oleh informasi ahli mengenai pengertian konseling menurut para ahli, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian konseling menurut para ahli dapat bermanfaat.

Referensi Penulisan Pengertian Konseling Menurut Para Ahli :

– Dewa Ketut Sukardi, 1985. Pengantar Teori Konseling : Suatu Uraian Ringkas. Penerbit Ghalia Indonesia : Jakarta.
Gambar Pengertian Konseling Menurut Ahli

Gambar Pengertian Konseling Menurut Ahli

 
Pengertian Konseling Menurut Para Ahli | ali samiun |