Loading...

Pengertian Koperasi dan Jenis Koperasi

Pembahasan Mengenai Pengertian Koperasi dan Jenis-Jenis Koperasi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian koperasi dan jenis jenis koperasi.
 
Menurut Wirjono Prodjodikoro, Pengertian Koperasi adalah suatu kerja sama antara orang-orang yang termasuk golongan kurang mampu, yang ingin bersama untuk meringankan beban hidup atau beban kerja.
 
Pengertian Koperasi menurut pendapat R.M. Margono Djojohadikoesoemo, Koperasi adalah perkumpulan manusia seorang-seorang yang dengan sukanya sendiri hendak bekerja sama untuk memajukan ekonominya.
 
Menurut Soeriaatmaja, Pengertian Koperasi ialah suatu perkumpulan dari orang-orang yang atas dasar persamaan derajat sebagai manusia dengan tidak memandang haluan agama dan politik dan secara sukarela masuk untuk memenuhi kebutuhan bersama yang bersifat kebendaan atas tanggungan bersama.
 
Pengertian Koperasi menurut C.R. Ray adalah sebuah asosiasi untuk tujuan perdagangan bersama yang dilakukan dengan semangat, yang tidak mementingkan diri sendiri sehingga semua anggota siap untuk memikul tugas keanggotaan dalam proporsi untuk tingkat di mana mereka membuat penggunaan hubungan mereka.
 
Menurut Frank Robotka, Pengertian Koperasi adalah suatu bentuk badan usaha atau persekutuan ekonomi yang anggota-anggotanya merupakan langganannya (patrons). Koperasi diorganisasikan oleh mereka dan pada dasarnya dimiliki dan diawasi oleh para anggota dan bekerja untuk kemanfaatan mereka. Sangat berlawanan dengan unit-unit usaha yang bekerja untuk kemanfaatan atau keuntungan bagi para pemilik modal atau para penerima upah.
 

E. G Nourse mengemukakan Pengertian Koperasi, Koperasi merupakan suatu alat untuk mengefektifkan organisasi berskala besar yang merupakan suatu proses integrasi vertikal dan integrasi horizontal.

Muhammad Hatta mengatakan bahwa Pengertian koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong-menolong. Koperasi melambangkan harapan bagi kaum yang lemah ekonominya berdasarkan self-help dan tolong-menolong di antara anggota-anggotanya yang melahirkan di antara mereka rasa percaya pada diri sendiri dan persaudaraan. Koperasi menyatakan semangat baru untuk menolong diri sendiri yang didorong oleh keinginan memberi jasa kepada kawan berdasarkan kebersamaan.

Menurut J. D. Black, Pengertian Koperasi adalah suatu kombinasi horizontal dari unit-unit yang dikoordinasikan yang melayani berbagai tujuan dari unit tersebut. Akan tetapi, bila integrasi vertikal dipertimbangkan baik ke depan terhadap para konsumen atau ke belakang terhadap sumber yang tersedia, kombinasi horizontal adalah perlu di antara unit-unit yang terlalu kecil untuk melaksanakan integrasi vertikal secara individual.

| Jenis Jenis Koperasi |

Jenis-jenis koperasi dapat dibedakan berdasarkan jenis kegiatan usaha, jenis anggotanya, profesi dari anggota, fungsi atau tujuan, dan juga kebutuhan koperasi itu sendiri. Namun pada dasarnya, jenis-jenis koperasi dapat dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu jenis koperasi berdasarkan kegiatan usaha dan jenis koperasi berdasarkan keanggotaannya.
 
Jenis koperasi berdasarkan kegiatan usahanya, yaitu sebagai berikut :
(1) Koperasi konsumsi adalah jenis koperasi yang menyediakan barang konsumsi untuk anggotanya.
(2) Koperasi produksi merupakan jenis koperasi yang menghasilkan barang secara bersama-sama.
(3) Koperasi simpan pinjam ialah jenis koperasi yang menerima tabungan dan memberikan pinjaman kepada para anggotanya.
(4) Koperasi serba usaha yaitu jenis koperasi campuran.
 
Jenis koperasi berdasarkan keanggotaannya dibedakan menjadi dua, yaitu :
(1) Koperasi primer adalah jenis koperasi yang anggotanya masih perseorangan.
(2) Koperasi sekunder ialah jenis koperasi yang merupakan gabungan koperasi atau induk koperasi.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian koperasi dan jenis jenis koperasi, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian koperasi dan jenis jenis koperasi dapat bermanfaat.

Sumber Buku Dalam penulisan Informasi Ahli :

– Andjar Pachta W, Myra Rosana Bachtiar dan Nadia Maulisa Benemay, 2008. Hukum Koperasi Indonesia : Pemahaman, Regulasi, Pendirian, dan Modal Usaha. Penerbit Kencana Prenada Media Group : Jakarta.
Gambar Pengertian Koperasi dan Jenis Jenis Koperasi

Gambar Pengertian Koperasi dan Jenis Jenis Koperasi

 
Pengertian Koperasi dan Jenis Koperasi | ali samiun |