Pengertian Lembaran Negara dan Berita Negara

Loading...

Pembahasan Mengenai Pengertian Lembaran Negara dan Pengertian Berita Negara

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian lembaran negara dan pengertian berita negara.
 
Pengertian Lembaran Negara adalah suatu lembaran (kertas) tempat mengundangkan (mengumumkan) semua peraturan-peraturan negara dan pemerintahan agar sah berlaku. Penjelasan dari suatu UU dimuat dalam tambahan lembaran negara, yang mempunyai nomor berurut. Lembara negara diterbitkan oleh Departemen Kehakiman (Sekarang sekretariat negara), yang disebut dengan tahun penerbitannya dan nomor berurut. Contohnya :
LN tahun 1962 No.1 (LN 1962/1);
LN tahun 1962 No.2 (LN No.2 Tahun 1962).
 
Pengertian Berita Negara adalah suatu penerbitan resmi Departemen Kehakiman (sekretariat negara) yang memuat hal-hal yang berhubungan dengan peraturan-peraturan negara dan pemerintahan dan memuat surat-surat yang dianggap perlu seperti : akta pendiri PT, firma, koperasi, nama-nama orang dinaturalisasi menjadi warganegara Indonesia dan lain-lain.
Catatan : Tempat pengundangan peraturan-peraturan daerah atau kotapraja. Kotapraja adalah pembagian wilayah administrasi di Negara Indonesia pada zaman dahulu untuk wilayah perkotaan.
 
Pada zaman Hindia Belanda lembaran negara disebut dengan Staatsblad. Setelah suatu UU diundangkan dalam lembaran negara, ia kemudian diumumkan dalam berita negara, setelah itu diumumkan dalam siaran pemerintahan melalui radio atau televisi dan melalui surat-surat kabar. Pada zaman Hindia Belanda, berita negara disebut dengan De Javasche Courant dan di zaman Jepang disebut Kan Po.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian lembaran negara dan pengertian berita negara, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian lembaran negara dan pengertian berita negara dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Pengertian lembaran negara