Loading...

Pengertian Negara Hukum dan Ciri-Cirinya

Pembahasan Mengenai Pengertian Negara Hukum dan Ciri Ciri Negara Hukum

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian negara hukum dan ciri ciri negara hukum.
 
Menurut R. Djokosutono, Pengertian Negara Hukum adalah Negara yang berdasarkan pada kedaulatan hukum. Hukumlah yang berdaulat dan negara merupakan subjek hukum. Negara dipandang sebagai subjek hukum, sehingga jika ia bersalah dapat dituntut di depan pengadilan karena perbuatan melanggar hukum.
 
Di Indonesia, Konsep negara hukum tercantum di dalam UUD 1945, yang menjelaskan bahwa negara Indonesia berdasarkan atas hukum (rechtstaat) tidak berdasarkan atas kekuasaan belaka (machstaat). Oleh karena itu negara tidak boleh melaksanakan aktivitasnya atas dasar kekuasaan belaka, tetapi harus berdasarkan pada hukum.
 
Selanjutnya dalam UUD 1945 tersebut menerangkan bahwa pemerintah berdasarkan atas sistem konstitusional (hukum dasar) tidak bersifat (absolutisme (kekuasaan yang terbatas), karena kekuasaan eksekutif dan administrasi di Indonesia berada dalam satu tagan, yaitu ada pada presiden. Artinya bahwa administrasi dalam menjalankan tugasnya dibatasi oleh peraturan perundang-undangan.
 
Menurut Ismail Suny, Ciri Ciri  Negara Hukum yaitu, :
(a) Ciri negara hukum yang pertama yaitu Menjunjung tinggi hukum.
(b) Ciri negara hukum yang kedua ialah Adanya pembagian kekuasaan.
(c) Ciri negara hukum yang ketiga adalah Adanya perlindungan terhadap hak-hak asasi manusia serta remedi-remedi prosedural untuk mempertahankannya.

(d) Ciri negara hukum yang keempat yaitu Dimungkinkan adanya peradilan administrasi.

Tipe Tipe Negara Hukum ada 2 yaitu :
1. Tipe Negara hukum Anglo Saxon Yang berintikan Rule of Law.
2. Tipe Negara hukum Kontinental yaitu berdasarkan pada kedaulatan hukum.
1. TIpe Negara Hukum Berintikan Rule of Law
Negara hukum yang berintikan Rule of Law harus memenuhi 2 syarat yaitu :
– Supremacy before of Law yang berarti bahwa hukum diberikan kedudukan yang tertinggi. Hukum berkuasa penuh atas negara dan rakyat. Konsekuensi dari tipe negara hukum ini yaitu negara tidak dapat dituntut apabila bersalah. Yang dapat dituntut hanyalah manusianya. Dalam hal ini negara tidak diidentikkan dengan pejabat negara. Negara tidak dapat bersalah, yang mungkin hanyalah pejabat negara dan dialah yang dihukum.
– Equality before of the law yang berarti bahwa semua orang baik pejabat pemerintah maupun masyarakat biasa sama statusnya dalam pandangan hukum. Unsur ini merupakan hal yang baik sebab tidak ada rasdikriminasi subjek hukum dalam hukum.
 
2. Tipe Negara Hukum berdasarkan Kedaulatan Hukum
Dalam tipe negara hukum ini, hukumlah yang berdaulat. Negara dipandang sebagai subjek hukum dan apabila negara salah, maka ia dapat dituntut di depan pengadilan sebagaimana halnya dengan subjek hukum yang lain.
 
Oleh karena negara Indonesia pernah dijajah oleh Belanda, maka negara Indonesia untuk sebagian besar mengikuti tipe Eropa Kontinental dengan di sana-sini mengambil unsur-unsur yang baik dari tipe negara hukum Anglo Saxon.
 
Kedua tipe negara ini (Anglo Saxon dan Eropa Kontinental) merupakan tipe pokok. Di berbagai negara timbul variasi-variasi lain dari pengertian negara hukum itu. Meskipun sama-sama menganut negara hukum, akan tetapi ternyata isi mengenai pengertian negara hukum itu tidak sama pada setiap negara.
 
Di Negara Jerman, tipe negara hukumnya berbeda sedikit dengan tipe negara hukum Eropa Kontinental. Rakyat jerman memiliki kesetiaan yang luar biasa terhadap pemimpun, sehingga dulu tidak mengherankan kalau rakyat Jerman dapat digerakkan oleh Hitler dengan konsep satu bangsa, satu pemimpun dan satu negara. Oleh karenan itu Hitler dianggap sebagai personifikasi dari ide mereka.
 
Di Uni Soviet, Isi dari negara hukum itu mempunyai variasi lain lagi. Negara hukum di Uni Soviet berintikan pada dua hal, yaitu :
1. Segala tindak-tanduk negara harus didasarkan pada hukum. Jadi setiap pejabat administrasi harus bertindak berdasarkan atas hukum.
2. Hukum adalah perumusan dari kehendak bersama dari seluruh rakyat.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian negara hukum dan ciri ciri negara hukum, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian negara hukum dan ciri ciri negara hukum dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Pengertian Negara Hukum dan Ciri Ciri Negara Hukum

Gambar Pengertian Negara Hukum dan Ciri Ciri Negara Hukum

 
Pengertian Negara Hukum dan Ciri-Cirinya | ali samiun |