Pengertian Negara, Tujuan Negara, Syarat Negara

Loading...

Pembahasan Mengenai Pengertian Negara, Tujuan Negara dan Syarat Negara

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli mengenai pengertian negara, tujuan negara dan syarat negara di bawah ini.
 
Menurut R Djokosotono, Pengertian Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan-kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.
 
Pengertian Negara menurut G Pringgodigdo adalah suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan unsur-unsur tertentu, yaitu harus memiliki pemerintahan yang berdaulat, wilayah tertentu dan rakyat yang hidup dengan teratur sehingga merupakan suatu nation (bangsa).
 
Menurut Harold J. Laski, Pengertian Negara adalah suatu masyarakat yang dijadikan satu kesatuan karena memiliki wewenang yang bersifat memaksa, yang secara sah lebih agung dibandikan individu atau kelompok yang merupakan bagian di dalam masyarakat tersebut.
 
Pengertian Negara menurut Rogert H. Soltau, Negara adalah suatu wewenang atau alat yang digunakan untuk mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama yang mengatasnamakan masyarakat.
 
Menurut Mac Iver, Pengertian Negara adalah suatu asosiasi yang melakukan penyelenggaraan ketertiban dalam suatu masyarakat yang berada di suatu wilayah berdasarkan sistem hukum, yang dijalankan oleh suatu pemerintah yang diberikan kekuasaan untuk memaksa.
 
Menurut Georg Jellinek, Pengertian Negara adalah sekumpulan manusia yang berkediaman tertentu dan mempunyai kekuasaan asli dalam memerintah.
 
Dari pengertian negara menurut para ahli di atas, dapat kita simpulkan bahwa Negara adalah suatu kumpulan masyarakat di dalam suatu wilayah yang disatukan, kemudian dijalankan oleh pemerintah dengan kekuasaan memaksa yang diberikan.

| Tujuan Negara |

Tujuan Negara menurut H. Sultay yaitu untuk memungkinkan rakyatnya berkembang serta melakukan penyelenggaraan daya ciptanya sebebas mungkin.
Menurut J Laski, tujuan negara ialah untuk menciptakan keadaan yang di mana rakyatnya dapat mewujudkan keinginan-keinginan atau cita-citanya secara maksimal.
 
Di Indonesia, Tujuan Negara Republik Indonesia tercantum di dalam UUD 1945, Negara bertujuan membentuk suatu pemerintahan negara untuk melindungi seluruh bangsa Indonesia, untuk memajukan kesejahteraan rakyat, mencerdaskan rakyat dan untuk melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan pada kemerdekaan, perdamaaian dan keadilan untuk seluruh rakyat.

| Syarat Negara |

Untuk dapat dikatakan sebagai negara, maka suatu negara harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
1. Syarat Negara harus memiliki Wilayah yang dikuasainya.
2. Syarat Negara harus memiliki rakyat yang menempati wilayah yang dikuasainya.
3. Syarat Negara harus memiliki pemerintahan yang berkuasa atas wilayah dan rakyatnya.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian negara, tujuan negara dan syarat negara, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian negara, tujuan negara dan syarat negara dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Pengertian Negara, Tujuan Negara dan Syarat Negara
Gambar Pengertian Negara, Tujuan Negara dan Syarat Negara