Pengertian Otonomi Daerah, Fungsi dan Tujuannya

Pembahasan Mengenai Pengertian Otonomi Daerah, Fungsi Otonomi Daerah dan Tujuan Otonomi Daerah

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian otonomi daerah, fungsi otonomi daerah dan tujuan otonomi daerah.
 
Menurut Sunarsip, Pengertian Otonomi Daerah adalah kewenangan dari daerah untuk mengurus dan mengatur kepentingan masyarakat yang ada di daerah tersebut menurut prakarsa sendiri yang didasarkan pada aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
 
Menurut Kansil, Pengertian Otonomi Daerah adalah hak yang diberikan kepada daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri dalam ikatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Daerah dibentuk berdasarkan asas desentralisasi.
 
Otonomi Daerah menurut Widjaja merupakan salah satu dari bentuk desentralisasi pemerintahan (pembagian kekuasaan) yang pada dasarnya ditujukan untuk memenuhi kepentingan bangsa secara menyeluruh
 
Menurut UU No.32 Tahun 2004, Definisi Otonomi Daerah adalah hak, wewenang dan kewajiban dari daerah untuk mengurus dan mengatur sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan dari masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Menurut UU No.32 Tahun 2004, Definisi Daerah Otonom adalah kesatuan dari masyarakat hukum yang memiliki batas batas wilayah kewenangan untuk mengurus dan mengatur urusan pemerintahan dan kepentingan dari masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri dengan berdasarkan aspirasi masyarakat dalam sistem NKRI.
 
Otonomi daerah merupakan pembagian kekuasaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengurus dan mengatur daerahnya. Kekuasaan ini diberikan oleh pemerintah pusat agar pemerintah setiap daerah dapat dikontrol dengan mudah oleh pemerintah pusat. Pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab kepada pemerintah pusat terhadap daerah yang diurus dan diaturnya. Ketentuan mengenai tanggung jawab pemerintah daerah kepada pemerintah pusat ini diatur di dalam UU.

| Tujuan Otonomi dan Fungsi Otonomi daerah |

Menurut UU No.32 Tahun 2004, Tujuan Otonomi Daerah yaitu :
1. Otonomi Daerah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di daerah kekuasaannya.
2. Tujuan Otonomi Daerah yaitu untuk Meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah kekuasaannya.
3. Otonomi daerah juga bertujuan untuk Meningkatkan Pelayanan umum di daerah kekuasaaannya.
4. Meningkatkan daya saing daerah juga merupakan tujuan otonomi daerah.
 
Menurut UU No.32 Tahun 2004, Fungsi Otonomi Daerah yaitu untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan di daerah kekuasaannya.
 
Sekian dari Informasi ahli mengenai pengertian otonomi daerah, fungsi otonomi daerah dan tujuan otonomi daerah, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian otonomi daerah, fungsi otonomi daerah dan tujuan otonomi daerah dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Pengertian Otonomi Daerah, Fungsi Otonomi daerah dan Tujuan Otonomi Daerah

Gambar Pengertian Otonomi Daerah, Fungsi Otonomi daerah dan Tujuan Otonomi Daerah

 
Pengertian Otonomi Daerah, Fungsi dan Tujuannya | ali samiun |