Pengertian Penangkapan dan Penahanan

Pembahasan Mengenai Pengertian Penangkapan dan Pengertian Penahanan

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas pengertian penangkapan dan pengertian penahanan.
 
Pengertian Penangkapan adalah suatu tindakan penyidik berupaka pengekangan kebebasan sementara waktu tersangka atau terdakwa apabila terdapat cukup bukti untuk kepentingan penyidikan atau penuntutan dan atau peradilan dengan ketentuan yang diatur di dalam UU. Setiap orang dapat melakukan penangkapan jika pelaku kejahatan tertangkap tangan.
 
Jangka waktu penangkapan tidak memakan waktu yang lama. Dalam hal tertangkap tangan, penangkapan (yang dapat dilakukan setiap orang) hanya berlangsung antara ditangkapnya tersangka sampai ke pos polisi terdekat. Ketika telah diserahkan sampai di kantor polisi atau penyidik. Ditahap ini polisi atau penyidik dapat menahan jika delik yang dilakukan ditentukan tersangkanya dapat ditahan.

| Pengertian Penahanan |

Pengertian Penahanan adalah perampasan kemerdekaan bergerak seseorang. Dalam hal penahan ini terdapat pertentangan antara 2 (dua) asas, yaitu asas mengenai hak bergerak seseorang yang merupakan HAM (Hak Asasi Manusia) yang harus dihormati di satu pihak dan kepentingan ketertiban umum di lain pihak yang harus dipertahankan untuk orang banyak atau masyarakat dari perbuatan jahat tersangka.
 
Ketentuan Hukum Acara Pidana dapat menyingkirkan asas-asas yang diakui secara universal yaitu HAM khususnya hak kebebasan orang seorang. Ketentuan yang demikian terutama mengenai penahanan di samping yang lain seperti pembatasan hak milik karena penyitaan, jug pada pembukaan rahasia surat (terutama yang terdapat dalam delik korupsi dan subversi) dan lain sebagainya.
Penahanan dapat dilakukan jika dikhawatirkan tersangka akan melarikan diri dan kedua ialah ada alasan kuat bahwa keamanan masyarakat menuntut agar dilakukan penahanan segera. Alasan lain dilakukan penahanan yaitu karena dikhawatirkan tersangka akan merusak atau menghilangkan alat bukti atau mengulangi tindak pidana dikemudian hari. Begitu juga pada tersangka yang tidak diketahui tempat tinggal atau kediamannya, jika ia tidak ditahan maka akan menyulitkan pemanggilannya dan menimbulkan tunggakan yang bertumpuk. Semua alasan penahanan ini diatur di dalam UU.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian penangkapan dan pengertian penahanan, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian penangkapan dan pengertian penahanan dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Jur. Andi Hamzah, 2011. Hukum Acara Pidana Indonesia. Penerbit Sinar Grafika : Jakarta.
Gambar Pengertian Penangkapan dan Pengertian Penahanan

Gambar Pengertian Penangkapan dan Pengertian Penahanan

 
Pengertian Penangkapan dan Penahanan | ali samiun |