Loading...

Pengertian Penuntutan Dalam Hukum Pidana

Pembahasan Mengenai Pengertian Penuntutan

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian penuntutan dalam hukum pidana.
 
Menurut Wirjono Prodjodikoro, Pengertian Penuntutan adalah menyerahkan perkara seorang terdakwa dengan berkas perkaranya kepada hakim, dengan permohonan agar hakim memeriksa dan kemudian memutuskan perkara pidana itu terhadap terdakwa.
 
Pengertian Penuntutan Menurut KUHAP, Penuntutan adalah suatu tindakan dari penuntut umum untuk melimpahkan perkara pidana kepada pengadilan negeri yang berwenang, yang tata caranya telah diatur di dalam UU berdasarkan permintaan supaya diperiksa dan diputus oleh hakim dalam sidang pengadilan.
 
Dalam KUHAP (Kitab Undang Undang Hukum Pidana), penuntut umum berwenang untuk melakukan penuntutan terhadap siapa saja yang didakwa melakukan suatu delik dalam daerah hukumnya dengan melimpahkan perkara kepada pengadilan yang berwenang mengadilinya.
 
Menurut E. Bonn, seorang jaksa atau penuntut umum mempunyai daerah hukum masing-masing sesuai dengan daerah hukum kejaksaan negeri di mana dia diangkat. Jadi, jaksa di kejaksaan tinggi atau di kejaksaan agung hanya dapat melakukan penuntutan jika ia terlebih dahulu diangkat untuk kejaksaan negeri yang daerah hukumnya dilakukan delik tersebut.
 
Jika menurut pertimbangan penuntut umum suatu perkara tidak cukup bukti-bukti untuk diteruskan ke pengadilan atau perkara tersebut bukan merupakan suatu delik pidana, oleh karena itu penuntut umum dapat membuat suatu ketetapan mengenai hal tersebut. Selanjutnya Isi surat ketetapan tersebut diberitahukan kepada tersangka dan bila tersangka ditahan, maka wajib untuk dibebaskan. Surat ketetapan ini biasa disebut dengan Surat Perintah Penghentian Penuntutan.
 
Jika dikemudian hari terdapat alasan baru untuk menuntut perkara yang telah dikesampingkan karena kurangnya bukti-bukti, maka penuntut umum dapat melakukan penuntutan tersangka seperti yang diatur di dalam KUHAP.
 
Sekian dari Informasi Ahli mengenai pengertian penuntutan, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian penuntutan dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Jur. Andi Hamzah, 2011. Hukum Acara Pidana Indonesia. Penerbit Sinar Grafika : Jakarta.
Gambar Pengertian Penuntutan Dalam Hukum Pidana

Gambar Pengertian Penuntutan Dalam Hukum Pidana

 
Pengertian Penuntutan Dalam Hukum Pidana | ali samiun |