Pengertian Penyelidikan dan Pengertian Penyidikan

Loading...

Pembahasan Mengenai Apa itu Penyelidikan dan Penyidikan

 
Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas pengertian penyelidikan dan pengertian penyidikan.
 
Menurut KUHAP, Pengertian Penyelidikan adalah serangkaian tindakan penyelidikan untuk mencari dan menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana, serta untuk menentukan dapat atau tidaknya dilakukan penyidikan menurut cara yang diatur menurut UU ini. Orang yang bertugas untuk melakukan penyelidikan disebut dengan penyelidik.
Pengertian Penyelidik adalah setiap polisi negara RI yang diberikan tugas oleh UU untuk melaksanakan penyelidikan, mulai dari pangkat Bharada sampai yang berpangkat tertinggi yaitu Jenderal Polisi.
 
Di dalam organisasi kepolisian istilah reserse ini digunakan untuk penyelidik. Tugas dari reserse untuk menerima laporan dan mengatur serta menyetop orang yang dicurigai untuk dilakukan pemeriksaan. Jadi, Penyelidikan merupakan tindakan untuk mendahului penyidikan.

| Pengertian Penyidikan |

Pengertian Penyidikan adalah serangkaian tindak penyidikan untuk mencari serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang suatu tindak pidana yang terjadi dan untuk menemukan tersangkanya. Ketentuan yang memuat mengenai penyidikan diatur oleh KUHAP (Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana).
 
Pengetahuan dan pengertian penyidikan perlu dinyatakan dengan jelas dan pasti, karena hal tersebut langsung menyinggung dan membatasi HAM (Hak Asasi Manusia). Bagian-bagian dari hukum acara pidana yang menyangkut penyidikan, sebagai berikut : 1) Ketentuan mengenai alat-alat penyidik, 2) Ketentuan mengenai diketahui terjadinya delik, 3) Melakukan pemanggilan tersangka atau terdakwa, 4) Pemeriksaan di tempat kejadian, 5) Melakukan penahanan sementara, 6) pemeriksaan atau interogasi, 7) penggeledahan, 8) Berita acara (interogasi, penggeledahan serta pemeriksan di tempat), 9) Penyitaan, 10) Melakukan penyampaian perkara, 11) Pelimpahan perkara yang diserahkan kepada penuntut umum dan pengembaliannya kepada penyidik untuk disempurnakan.
Tidak semua peristiwa yang terjadi dan diduga sebagai tindak pidana itu menampilkan bentuknya secara jelas sebagai tindak pidana. Sebelum melakukan tindakan penyidikan yang konsekuensi digunakannya upaya pemaksaan, perlu ditentukan terlebih dahulu berdasarkan data atau keterangan yang didapat dari hasil penyelidikan bahwa pertistiwa yang terjadi dan diduga sebagai tindak pidana itu benar adanya dan merupakan tindak pidana, sehingga dapat dilanjutkan dengan melakukan tindakan penyidikan.
 
Sekian dari Informasi Ahli mengenai pengertian penyelidikan dan pengertian penyidikan, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian penyelidikan dan pengertian penyidikan dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Jur. Andi Hamzah, 2011. Hukum Acara Pidana Indonesia. Penerbit Sinar Grafika : Jakarta.
Gambar Pengertian Penyelidikan dan Pengertian Penyidikan
Gambar Pengertian Penyelidikan dan Pengertian Penyidikan