Loading...

Pengertian Perilaku Organisasi dan Tujuannya

Pembahasan Mengenai Pengertian Perilaku Organisasi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian perilaku organisasi.
 
Menurut Nimram, Pengertian Perilaku Organisasi adalah bidang studi yang menyelidiki pengaruh yang ditimbulkan oleh individu, kelompok dan struktur terhadap perilaku manusia di dalam organisasi dengan tujuan menerapkan pengetahuan yang didapat untuk meningkatkan efektifitas organisasi.
 
Pengertian Perilaku Organisasi menurut Gitosudarmo adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari interaksi manusia dalam organisasi meliputi studi yang sistematis mengenai perilaku, struktur dan proses di dalam organisasi.
 
Jhons mengatakan bahwa, Pengertian Perilaku Organisasi merupakan suatu istilah yang agak umum yang menunjuk pada sikap dan perilaku individu dan kelompok dalam organisasi, yang berkaitan dengan studi yang sistematis mengenai sikap dan perilaku, baik yang menyangkut pribadi maupun antarpribadi dalam konteks organisasi.
 
Menurut Robbin SP, Pengertian Perilaku Organisasi adalah suatu bidang studi yang menyelidiki dampak perorangan, kelompok dan struktur pada perilaku di dalam organisasi dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan semacam itu untuk memperbaiki keefektifan organisasi.

| Tujuan Memahami Perilaku Organisasi |

Setiap disiplin ilmu pasti memiliki tujuan, begitu juga dengan disiplin ilmu perilaku organisasi. Menurut Nimran, Tujuan memahami perilaku organisasi yaitu :
1. Prediksi
Bisa memprediksi perilaku orang merupakan suatu keuntungan besar karena dengan begitu kita dapat menjalin komunikasi yang baik dengan orang tersebut. Dengan bisa memprediksi perilaku orang lain, sehingga kita dapat berpikir, bersikap dan bertindak dengan tepat dalam berkomunikasi dengan orang tersebut. Nimram mengatakan bahwa keteraturan perilaku dalam organisasi memberikan kemungkinan kepada kita untuk melakukan prediksi atas perilaku-perilaku anggota organisasi pada masa yang akan datang.
2. Eksplanasi
Tujuan mempelajari perilaku organisasi yang kedua adalah untuk menjelaskan berbagai peristiwa yang terjadi dalam organisasi. Eksplanasi berarti bahwa kita akan berusaha menjawab pertanyaan mengapa suatu peristiwa terjadi, mengapa karyawan malas dan lain sebagainya. Dengan mempelajari perilaku organisasi maka kita mencoba untuk menjelaskan atau memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti itu.
3. Pengendalian
Tujuan mempelajari perilaku organisasi yang terakhir yaitu untuk pengendalian. Semakin banyak perilaku-perilaku individu atau kelompok dalam organisasi yang dapat diprediksi dengan tepat dan dapat dijelaskan dengan baik, sehingga nantinya pemimpin organisasi itu akan semakin mudah dalam melakukan fungsi pengendalian atas karyawannya sehingga perilaku individu maupun kelompok akan menjadi positif dan fokus pada pencapaian tujuan. Namun di sisi lain, perilaku yang destruktif, yang kurang baik, bisa dihindari atau dicegah.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian perilaku organisasi dan tujuan mempelajari tujuan mempelajari perilaku organisasi, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian perilaku organisasi dan tujuan mempelajari perilaku organisasi dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Perilaku Organisasi dan Tujuan Memahami Perilaku Organisasi

Gambar Pengertian Perilaku Organisasi dan Tujuan Memahami Perilaku Organisasi

 
Pengertian Perilaku Organisasi dan Tujuannya | ali samiun |