Pengertian Persepsi dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Loading...

Pembahasan Mengenai Pengertian Persepsi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian persepsi.
 
Menurut Robbins, Pengertian Persepsi adalah suatu proses di mana individu mengorganisasikan dan menafsirkan kesannya untuk memberi arti tertentu pada lingkungannya.
 
Pengertian Persepsi menurut Gitosudarmo adalah suatu proses memperhatikan dan menyeleksi, mengorganisasikan dan menafasirkan stimulus lingkungan.
 
Faktor faktor yang dapat memengaruhi persepsi, yaitu :
1. Faktor Ukuran, yang di mana semkian besar atau semakin kecil ukuran suatu objek fisik maka akan semakin dipersepsikan.
2. Faktor Intensitas, yang di mana semakin tinggi tingkat intensitas suatu stimulus maka semakin besar kemungkinan untuk dipersepsikan.
3. Faktor Frekuensi, yang di mana semakin sering frekuensi suatu stimulus maka akan semakin dipersepsikan orang. Contoh : Perusahaan yang dengan gencar mengiklankan produkny di berbagai media.
4. Faktor Kontras, yang di mana stimulus yang kontras atau mencolok dengan lingkungannya akan semakin dipersepsi orang. Seseorang yang tampil berbeda, secara fisik akan semakin dipersepsi banyak orang.
5. Faktor Gerakan, yang di mana stimulus dengan gerakan yang lebih banyak akan semakin dipersepsikan orang dibandikan stimulus yang gerakannya kurang. Contoh : di suatu ruangan yang hening, tiba-tiba ada seseorang yang bergerak, maka semua orang di ruangan itu akan memperhatikan orang yang bergerak tersebut.
6. Faktor Perubahan, yang di mana stimulus berubah-ubah akan menarik untuk diperhatikan dibanding stimulus yang tetap. Contohnya : Lampu yang nyalanya berkelap-kelip atau memiliki warna yang bermacam-macam akan lebih menarik perhatian.
7. Faktor Baru, Yang di mana suatu stimulus baru akan lebih menarik perhatian orang dibanding stimulus lama. Contohnya : Buku terbitan yang baru tentu lebih menarik perhatian publik dibanding buku terbitan lama.
8. Faktor Unik, Yang di mana semakin unik suatu objek atau kejadian maka akan semakin menarik orang lain untuk memperhatikannya.
Memahami persepsi individu ataupun kelompok merupakan sesuatu hal yang penting sebab dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di organisasi maupun di masyarakat umum, perilaku individu atau kelompok dituntut atau didasari oleh bagaimana dia mempersiapkan semua stimulus yang datang dari lingkungan, yang bahkan kadang-kadang persepsi seseorang atau kelompok tersebut seringkali sama sekali tidak menunjukkan situasi dan kondisi yang sebenarnya. Perbedaan persepsi tiap individu atau kelompok dalam memaknai suatu tugas, contohnya : di organisasi merupakan hal biasa. Dampaknya yaitu timbulnya permasalahan atau bahkan konflik antarindividu maupun antarkelompok. Oleh sebab itu memahami persepsi baik individu maupun kelompok amatlah penting.
 
Sekian dari Informasi Ahli mengenai pengertian persepsi, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian persepsi semoga bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Persepsi dan Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi
Gambar Pengertian Persepsi dan Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi