Loading...

Pengertian Sanksi Dalam Hukum

Pembahasan Mengenai Pengertian Sanksi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai apa itu sanksi.
 
Pengertian Sanksi adalah akibat dari sesuatu perbuatan atau suatu reaksi dari pihak lain (manusia atau organisasi sosial) atas sesuatu perbuatan. Dalam hal perbuatan yang penting bagi hukum ada reaksi dari pihak pemerintah yang bertugas mempertahankan tata tertib masyarakat. Yang dimaksud dengan pemerintah itu selalu suatu organisasi (politik) yang menjadi pimpinan suatu negara dan yang secara formil saja atas nama rakyat, dikuasai oleh sesuatu golongan dalam masyarakat dan yang diberi tugas atau memberi kepada dirinya tugas memimpin masyarakat yang terorganisasi dalam negara itu.
 
Dalam hal pelanggaran sesuatu peraturan hukum biasanya yang bertindak terhadap pelanggar ialah pemerintah. Dengan perantaraan alat-alat paksanya pemerintah dapat memaksa tiap-tiap orang berkelakuan menurut kaidah-kaidah tata tertib masyarakat, terutama tata tertib hukum dalam masyarakat.
Dengan hal pelanggaran hukum biasanya yang mendapat kerugian (oleh pelanggaran itu) diberi pertulungan oleh pemerintah. Legitimasi (pengesahan) kekuasaan hukum ialah pemerintah (seperti halnya dengan legitimasi kekuasaan agama ialah tuhan). Demikian juga dengan sanksi yang bersangkutan.
 
Dalam hal pelanggaran kebiasaan (adat) atau agama (yang belum diterima sebagai hukum), reaksi dari pihak pemerintah jarang sekali ada (agama biasanya tidak berlegitimasi pada kekuasaan pemerintah). Hanya dalam hal pelanggaran itu membawa bahaya yang pada umumnya bahaya ekonomis bagi kelas yang berkuasa dalam masyarakat, yang sangat besar untuk pertahanan tata tertib masyarakat, maka pemerintah bertindak terhadap pelanggar atau dengan kata lain dalam hal pelanggaran kebiasaan (adat) atau agama, jarang yang dirugikan diberi pertolongan oleh pemerintah.
 
Dalam hal pelanggaran kesusilaan, dari pihak pemerintah reaksi pada umumnya tidak ada. Akan tetapi hukuman yang dijatuhkan oleh masyarakat kepada pelanggar kadang-kadang lebih berat rasanya dari pada suatu hukuman yang dijatuhkan oleh seorang hakim dan keputusannya dilakukan oleh pemerintah.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian sanksi dalam kaidah hukum, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian sanksi dalam kaidah hukum dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– E. Utrecht, 1966. Pengantar Dalam Hukum Indonesia. Penerbit Balai Buku Ichtiar : Jakarta.
Gambar Pengertian Sanksi

Gambar Pengertian Sanksi

 
Pengertian Sanksi Dalam Hukum | ali samiun |