Loading...

Pengertian Wawancara, Tujuan Wawancara, Jenis Wawancara

Pembahasan Mengenai Pengertian Wawancara, Tujuan Wawancara dan Jenis Jenis Wawancara

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian wawancara, tujuan wawancara dan jenis jenis wawancara.
 
Pengertian Wawancara adalah proses tanya jawab lisan antara dua orang atau lebih secara langsung. Pewawancara disebut sebagai interviewer dan orang yang diwawancarai disebut sebagai interviewee.

| Tujuan Wawancara |

Tujuan Wawancara yaitu, sebagai berikut :
1. Tujuan wawancara adalah untuk mendapatkan data dari tangan pertama (primer).
2. Tujuan wawancara yaitu sebagai pelengkap teknik pengumpulan lainnya.
3. Tujuan wawancara ialah untuk menguji hasil pengumpulan data lainnya.

| Jenis Jenis Wawancara |

Jenis jenis wawancara terbagi atas ada dua jenis, yaitu :
1. Jenis Wawancara Terpimpin
Pengertian Wawancara Terpimpin adalah wawancara yang tidak terarah. Kelemahan dari wawancara terpimpin ialah tidak efisien dalam hal waktu, biaya dan tenaga. Keuntungan dari wawancara terpimpin yaitu cocok untuk penelitian pendahuluan, tidak memerlukan keterampilan bertanya dan dapat memelihara kewajaran suasana.
2. Jenis Wawancara Tidak Terpimpin
Pengertian Wawancara Tidak Terpimpin adalah tanya jawab yang terarah untuk mengumpulkan data-data yang relevan saja. Kelemahan dari wawancara tidak terpimpin ialah kesan-kesan, seperti angket yang diucapkan serta suasana menjadi formal dan kaku. Keuntungan wawancara tidak terpimpin yaitu pertanyaan yang diajukan sistematis, sehingga mudah diolah kembali, pemecahan masalah menjadi lebih mudah, memungkinkan analisis kuantitatif dan kualitatif dan kesimpulan yang diperoleh lebih reliabel.

Beberapa petunjuk untuk melakukan wawancara yaitu, sebagai berikut :

1. Dalam wawancara, interviewer harus mengenalkan dirinya kepada interviewee, baik itu secara langsung maupun tidak langsung, serta menyampaikan maksud penelitian untuk kemajuan ilmu dan kepentingan bersama, serta sekaligus meminta kesediaan kapan waktu wawancara boleh dimulai.
2. Dalam wawancara, interviewer harus menciptakan hubungan baik dengan interviewee dengan cara saling menghormati, mempercayai, kerja sama, memberi dan menerima.
3. Dalam wawancara, ciptakan suasana santai dan tidak tergesa-gesa dalam mengajukan pertanyaan.
4. Dalam wawancara, interviewer hendaklah menjadi pendengar yang baik dan tidak memotong maupun menggiring interviewee kepada jawaban yang diharapkan.
5. Dalam wawancara, interviewer harus terampil dalam bertanya. Agar terampil, maka harus mempertimbangkan hal-hal berikut. Adakanlah pembicaraan pembukaan; gaya bicara jangan berbelit-belit; aturlah nada suara agar tidak membosankan; sikap bertanya jangan seperti menghakimi atau menggurui; mengadakan parafasa; mengadakan prodding, artinya penggalian yang lebih dalam, mencatat dan menilai jawaban; aturlah waktu bertanya; jangan lupa buatlah pedoman sebagai bimbingan untuk mengajukan pertanyaan.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian wawancara, tujuan wawancara dan jenis jenis wawancara, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian wawancara, tujuan wawancara dan jenis jenis wawancara dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Husaini Usman dan Purnomo, 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Yang Menerbitkan PT Bumi Aksara : Jakarta.
Gambar Pengertian Wawancara, Tujuan Wawancara dan Jenis Jenis Wawancara

Gambar Pengertian Wawancara, Tujuan Wawancara dan Jenis Jenis Wawancara

 
Pengertian Wawancara, Tujuan Wawancara, Jenis Wawancara | ali samiun |