Replik dan Duplik Dalam Pengadilan

Pembahasan Mengenai Apa itu Replik dan Duplik ?

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai Replik dan Duplik.
 
Pengertian Replik adalah Jawaban penggugat terhadap jawaban tergugat atas gugatannya. Replik ini dapat diajukan baik secara tertulis maupun secara lisan. Replik ini diajukan oleh pihak penggugat untuk meneguhkan gugatannya dengan mematahkan alasan-alasan penolakan yang dikemukakan tergugat dalam jawabannya.
 
Pengertian Duplik adalah jawaban tergugat terhadap replik yang diajukan penggugat. Sama halnya dengan replik, duplik ini juga dapat diajukan secara tertulis maupun secara lisan. Duplik diajukan oleh pihak tergugat untuk meneguhkan jawabannya yang lazimnya berisi penolakan terhadap gugatan penggugat.
 
Dalam praktek yang terjadi di Pengadilan Negeri sekarang biasanya replik dan duplik antara penggugat dan tergugat berjalan secara tertulis. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan diperlukan waktu yang cukup, yaitu dengan menunda jalannya persidangan selama beberapa hari untuk tiap-tiap tahapan pemeriksaan.
 
Apabila replik dan duplik antara penggugat dan tergugat sudah cukup, di mana duduk perkara perdata atau pidana yang diperiksa sudah jelas semuanya, tahapan pemeriksaan selanjutnya adalah pembuktian.
 
Sekian dari Informasi Ahli mengenai pengertian replik dan pengertian duplik, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian replik dan pengertian duplik dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Riduan Syahrani, 2009. Buku Materi Dasar hukum Acara Perdata. Penerbit PT Citra Aditya Bakti : Bandung.
Gambar Pengertian replik dan pengertian duplik

Gambar Pengertian replik dan pengertian duplik

 
Replik dan Duplik Dalam Pengadilan | ali samiun |