Ruang Lingkup Komunikasi

Loading...

Pembahasan Mengenai Ruang Lingkup Komunikasi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas ruang lingkup komunikasi.
 
Ruang Lingkup Komunikasi yaitu menggambarkan bagaimana seseorang menyampaikan sesuatu lewat bahasa atau simbol simbol tertentu kepada orang lain. Bagaimana seseorang dalam kedudukannya sebagai anggota masyarakat memberi pendapat dan menerima saran orang lain. Bagaimana seorang politikus melakukan kampanye di depan massa, sehingga mampu menarik pendukung dan lain sebagainya.
 
Peristiwa-peristiwa di atas merupakan contoh dari peristiwa komunikasi antara manusia. Di mana manusia sebagai pelaku utamanya dan berlangsung baik secara tatap muka maupun melalui media. Karena itu disebut komunikasi insani (human communication) atau lebih populer dengan nama komunikasi antara manusia.
 
seorang mahasiswa contohnya duduk sendirian membaca buku atau mendengar siaran radio dalam kamar akan menimbulkan pertanyaan, apakah peristiwa yang terjadi ini dapat digolongkan sebagai komunikasi antara manusia. Jawabannya tentu saja iya, sebab si mahasiswa mengikuti pesan-pesan yang dibuat oleh manusia dan ditujukan kepada manusia lewat radio dan buku, meskipun tanpa ditemani oleh orang lain.
 
Tetapi jika Budi setiap pagi bermain dengan anjingnya, ia bercengkerama sehingga terjadi pemahaman antara kedua makhluk yang berbeda itu meski dalam suasana komunikasi yang terbatas, maka kita dapat mengatakan peristiwa komukasi yang berlangsung seperti ini bukanlah komunikasi antara manusia, melainkan komunikasi antara manusia dan hewan.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai ruang lingkup komunikasi, semoga tulisan informasi ahli mengenai ruang lingkup komunikasi dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Hafied Cangara, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Penerbit Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Gambar Ruang Lingkup Komunikasi
Gambar Ruang Lingkup Komunikasi