Sifat Sifat Kedaulatan

Loading...

Pembahasan Mengenai Sifat Sifat Kedaulatan

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai sifat-sifat kedaulatan.
 
Sifat sifat kedaulatan yaitu sebagai berikut :
1. Sifat Kedaulatan Permanent (tetap)
Sifat kedulatan itu permanent berarti bahwa walaupun suatu negara mengadakan reorganisasi di dalam strukturnya, kedaulatan tersebut tidak berubah. Pelaksanaannya mungkin berganti atau badan yang memegang kedaulatan itu berganti, tetapi kedaulatan itu tetap.
 
2. Sifat Kedaulatan Absolut
Sifat kedaulatan itu absolut berarti bahwa dalam suatu negara tidak ada kekuasaan lain yang lebih tinggi dari kedaulatan. Kedaulatan yang menentukan segala-galanya dalam negara.
 
3. Sifat kedaulatan Tidak Terbagi-bagi
Sifat kedaulatan itu tidak terbagi-bagi maksudnya bahwa kedaulatan itu tidak boleh dibagi-bagi kepada beberapa badan tertentu. Sebab dalam hal ini akan timbul pluralisme (keadaan masyarakat yang majemuk) di dalam kedaulatan.
 
4. Sifat Kedaulatan Tidak Terbatas
sifat kedaulatan itu tidak terbatas yang berarti meliputi setiap orang dan golongan yang berada dalam negara tanpa ada kecualinya.
 
Anggota-angota korps diplomatik yang ada di Indonesia harus mematuhi peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh negara kita, walaupun mereka mempunyai kekebalan-kekebalan yang diberikan oleh hukum internasional, kita mengikutinya hanya demi kesopanan atau kehormatan saja. Jadi sifatnya tidak mengurangi kedaulatan kita.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai sifat sifat kedaulatan, semoga tulisan informasi ahli mengenai sifat sifat kedaulatan dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Sifat Sifat Kedaulatan
Gambar Sifat Sifat Kedaulatan