Loading...

Tipe Tipe Komunikasi

Pembahasan Mengenai Tipe Tipe Komunikasi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai tipe tipe komunikasi.
 
Tipe Tipe Komunikasi menurut Joseph A Devito yaitu komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok kecil, komunikasi massa dan komunikasi publik.
Menurut R Wayne Pace ada tiga tipe tipe komunkasi, yaitu komunikasi dengan diri sendiri, komunikasi antarpribadi dan juga komunikasi khalayak.
Kelompok Sarjana komunikasi di Amerika membagi tipe tipe komunikasi menjadi lima macam, yaitu komunikasi antar pribadi, komunikai kelompok kecil, komunikais organisasi, komunikasi massa dan komunikasi publik.
 
Beberapa sarjana komunikasi aliran Eropa membagi tipe tipe komunikasi menjadi dua macam, yaitu komunikai massa dan komunikasi antarpribadi. Di Indonesia ada kalangan yang membagi tipe tipe komunikasi menjadi 2 yaitu komunikasi sosial dan komunikasi massa.
 
Memperhatikan pandangan para ahli di atas, maka tipe tipe komunikasi yang akan dibicarakan dalam tulisan ini dibagi atas empat macam tipe, yaitu komunikasi dengan diri sendiri, komunikasi antarpribadi, komunikasi publik dan komunikasi massa.
 
1. Tipe Komunikasi Dengan Diri Sendiri
Pengertian Komunikasi dengan diri sendiri adalah proses komunikasi yang terjadi di dalam diri individu atau berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Terjadinyasuatu proses komunikasi di sini karena adanya seseorang yang memberi arti terhadap sesuatu objek yang diamatinya atau terlintas di pikirannya. Obyek dalam hal ini bisa saja dalam bentuk benda, kejadian alam, pengalaman, peristiwa, fakta yang mengandung arti bagi manusia, baik yang terjadi di luar diri seseorang maupun dalam diri seseorang.
 
2. Tipe Komunikasi Antarpribadi 
Pengertian Komunikasi Antarpribadi adalah proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka. Menurut sifatnya komunikasi antarpribadi dibedakan atas dua macam, yaitu komunikasi kelompok kecil dan komunikasi diadik.
Pengertian Komunikasi Diadik adalah proses komunikasi yang berlansung antara dua orang dalam situasi bertatap muka (ketemu langsung). Komunikasi diadik dapat dilakukan dalam tiga bentuk yaitu percakapan, wawancara dan dialog.
Pengertian Komunikasi Kelompok Kecil adalah proses komunikasi yang berlangsung antara tiga orang atau lebih secara tatap muka, yang di mana para anggotanya saling berinteraksi satu sama lainnya.
 
3. Tipe Komunikasi Publik
Pengertian Komunikasi Publik adalah suatu proses komunikasi yang di mana pesan pesan disampaikan oleh pembicara dalam stuasi tatap muka di depan khalayak yang lebih besar. Komunikasi publik ini memiliki ciri komunikasi interpersonal atau pribadi, karena berlangsung secara tatap muka, akan tetapi terdapat beberapa perbedaan yang cukup mendasar sehingga memiliki ciri masing-masing.
Dalam komunikasi publik penyampaian pesan berlangsung secara berlanjut. Dapat diidentifikasi siapa yang berbicara dan siapa yang mendengarkannya. Ciri ciri lain yang dimiliki komunikasi publik bahwa pesan yang disampaikan itu tidak berlangsung secara spontanitas, akan tetapi terencana dan dipersiapkan lebih awal. Tipe komunikasi publik ini biasanya ditemui dalam berbagai aktivitas seperti kuliah umum, rapat akbar, pengarahan dan lain semacamnya.
 
4. Tipe Komunikasi Massa
Pengertian Komunikasi Massa adalah proses komunikasi yang berlangsung di mana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalyak yang sifatnya massa melalui alat-alat yang bersifat mekanis seperti televisi, surat kabar, radio dan film.
Ciri komunikasi massa yaitu sifat pesannya terbuka dengan khalayak yang variatif, baik dari segi usia, suku, pekerjaan, agama maupun dari segi kebutuhan. Ciri lain yang dimiliki tipe komunikasi massa yaitu sumber dan penerima dihubungan oleh saluran yang telah diproses secara mekanik. Sumber ini berasal dari suatu lembaga atau institusi yang terdiri dari banyak orang, Contohnya : Reporter, editor, penyiar, teknisi dan lain sebagainya. Oleh karena itu proses dari penyampaian pesannya lebih formal, terencana serta lebih rumit.
Pesan komunikasi massa berlangsung satu arah dan tanggapan baliknya lambat (tertunda) dan sangat terbatas. Dalam perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat, khususnya pada media massa elektronik misalnya televisi dan radio, sehingga umpan balik dari khalayak bisa dilakukan dengan cepat kepada penyiar.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai tipe tipe komunikasi, semoga tulisan informasi ahli mengenai tipe tipe komunikasi dapat bermanfaat.

Sumber Tulisan Informasi Ahli :

– Hafied Cangara, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Penerbit Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Gambar Tipe Tipe Komunikasi

Gambar Tipe Tipe Komunikasi

 
Tipe Tipe Komunikasi | ali samiun |