Tugas dan Wewenang DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah)

Loading...

Pembahasan Mengenai Tugas DPRD dan Wewenang DPRD

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai tugas DPRD dan wewenang DPRD.
 
Tugas DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) antara lain, sebagai berikut :
1. DPRD bertugas untuk mempertahankan, mengamankan dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945.
2. DPRD bertugas untuk menjunjung tinggi dan melaksanakan GBHN (Garis-Garis Besar Haluan Negara) dan ketetapan-ketetapan MPR lainnya secara konsekuen, serta mentaati segala perundang-undangan yang berlaku.
3. Tugas DPRD, yaitu bersama-sama dengan kepala daerah menyusun serta menetapkan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) dan peraturan-peraturan daerah untuk kepentingan daerah dalam batas-batas wewenang yang diserahkan kepada daerah atau melaksanakan peraturan perundang-undangan yang pelaksanaannya ditugaskan kepala daerah.
4. DPRD bertugas untuk memperhatikan aspirasi dan memajukan tingakat kehidupan rakyat dengan berpegang kepada program pembangunan pemerintah.
 
Wewenang DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) antara lain, sebagai berikut :
1. DPRD berwenang untuk membuat peraturan daerah serta membuat dan menetapkan APBD bersama-sama dengan kepala daerah.
2. DPRD berwenang untuk mengajukan pertanyaan, mengajukan pendapat, meminta keterangan prakarsa dan mengadakan penyelidikan.
 
DPRD bersidang paling sedikut dua kali dalam setahun. Pimpinan DPRD dibantu oleh sebuah sekretariat DPRD, yang dipimpin oleh seorang sekretaris DPRD. Jadi, di daerah terdapat dua orang sekretaris, yaitu :
1. Seorang sekretaris daerah atau sekretaris wilayah, yang mendampingi kepala daerah.
2. Seorang sekretaris DPRD, yang mendampingi pimpinan DPRD.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai tugas DPRD dan wewenang DPRD, semoga tulisan saya mengenai tugas DPRD dan wewenang DPRD dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil, 2000. Hukum Tata Negara Republik Indonesia. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Tugas DPRD dan Wewenang DPRD
Gambar Tugas DPRD dan Wewenang DPRD