Faktor Faktor Penyebab Stres

Loading...

Pembahasan Mengenai Faktor Faktor Penyebab Stres

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai faktor faktor penyebab stres.

Faktor faktor penyebab stres yang bersumber dari pekerjaan antara lain :
1. Lingkungan Fisik Sebagai Faktor Penyebab Stres
Bebeberapa penyebab stres ditemukan di dalam lingkungan fisik pekerjaan, contohnya : terlalu bising, kurang baiknya penerangan ataupun resiko keamanan. Penyebab stres yang bersifat fisik juga kelihatan pada setting kantor, termasuk rancangan ruang kantor yang buruk, ketiadaan privasi, lampu penerangan yang kurang efektif dan kualitas udara yang buruk.

2. Faktor Penyebab Stres Antarpribadi
Penyebab stres ini akan semakin bertambah ketika karyawan dibagi dalam divisi-divisi dalam suatu departemen yang dikompetisikan untuk memenangkan target sebagai divisi terbaik dengan reward yang menggiurkan. Perbedaan karakter, kepribadian, latar belakang, persepsi dan lain-lainnya memungkinkan munculnya stres.

3. Organisasi sebagai Faktor Penyebab Stres
Banyak sekali ragam penyebab stres yang bersumber dari organisasi. Pengurangan jumlah pegawai merupakan salah satu penyebab stres yang tidak hanya untuk mereka yang kehilangan pekerjaan, namun juga untuk mereka yang masih tinggal. Secara khusus mereka yang masih tinggal mengalami peningkatan beban kerja, peningkatan rasa tidak aman dan tidak nyaman dalam bekerja serta kehilangan rekan kerja. Restrukturisasi, privatisasi, merger dan bentuk-bentuk lainnya merupakan kebijakan perusahaan yang berpotensi memunculkan stres. Para pekerja harus menghadapi peningkatan ketidakamanan dalam bekerja, bimbang dengan tuntutan pekerjaan yang semakin banyak dan bentukbentuk baru dari konflik antarpribadi.

4. Faktor Penyebab Stres Karena Peran atau Tugas
Penyebab stres karena peran atau tugas termasuk kondisi di mana para pegawai mengalami kesulitan di dalam memahami apa yang menjadi tugasnya, perang yang dia mainkan dirasakan terlalu berat atau memainkan berbagai peran pada tempat mereka bekerja.
Penyebab stres karena peran atau tugas ini memiliki empat penyebab, yaitu :
(a) Konflik peran
Konflik ini terjadi ketika orang-orang bersaing menghadapi berbagai tuntutan. Terdapat beberapa tipe konflik peran dalam setting organisasional, yaitu : (1) inter-role conflict, (2) intrarole conflict, dan (3) person-role conflict. Inter-role conflict terjadi ketika seorang pegawai memiliki dua peran yang masing-masing berlawanan. Intra-role conflict terjadi ketika individu menerima pesan berlawanan dari orang yang berbeda. Sedangkan person-role conflict terjadi ketika kewajiban-kewajiban pekerjaan dan nilai-nilai organisasional tidak cocok dengan nilai-nilai pribadi.
(b) Peran mendua atau ambiguitas
Peran mendua muncul dan dirasakan ketika para pegawai merasa bimbang mengenai tugas-tugas mereka, harapan kinerja, tingkat kewenangan dan kondisi kerja yang lain. Hal ini cenderung terjadi ketika orang masuk pada situasi yang baru, seperti menjadi anggota organisasi atau mengambil suatu tugas pekerjaan yang asing karena bimbang dengan harapan sosial dan tugas-tugasnya.
(c) Beban kerja
Beban kerja merupakan penyebab stres hubungan peran atau tugas lain yang terjadi karena para pegawai merasa beban kerjanya terlalu banyak. Hal ini dapat disebabkan karena perusahaan mengurangi tenaga kerjanya dan melakukan restrukturisasi pekerjaan, meninggalkan sisa pegawai dengan lebih banyak tugas dan sedikit waktu serta sumber daya untuk menyelesaikannya.
(d) Karakteristik tugas
Sebagai besar pengaruh tugas penuh stres ketika mereka membuat keputusan pemecahan masalah, monitoring perlengkapan atau saling bertukar informasi. Kurangnya pengendalian, terlalu banyak aktivitas pekerjaan dan lingkungan kerja juga termasuk dalam kategori ini. Contohnya : departemen atau divisi-divisi dalam lingkup marketing merupakan bidang pekerjaan yang penuh dengan stres. Setiap hari, setiap minggu, bahkan di akhir bulan, karyawan dituntut oleh target-target penjualan yang terus bertambah dari waktu ke waktu.

Faktor Penyebab Stres yang bersumber bukan dari Pekerjaan, antara lain :
1. Time Based Conflict (Konflik Berdasarkan Waktu)
Time based conflict merupakan tantangan untuk menyeimbangkan tuntutan waktu untuk pekerjaan dengan aktivitas keluarga dan aktivitas bukan pekerjaan lainnya. Time based conflict lebih akut pada wanita daripada pria. Wanita yang berkarir di luar rumah mendapatkan sumber stres yang jauh lebih banyak karena di rumah dia dituntut untuk menjadi istri dan ibu yang baik, sementara di tempat kerjapun dia dituntut untuk menjadi karyawan yang baik. Hal ini tidak mudah untuk dilaksanakan.
2. Strain Based Conflict (Konflik Berdasarkan Regangan)
Strain based conflict terjadi ketika stres dari satu sumber meluap melalui kemampuan yang dimiliki orang tersebut. Kematian suami atau istri, masalah keuangan dan penyebab stres yang bukan pekerjaan lainnya menghasilkan ketegangan dan kelelahan yang mempengaruhi kemampuan pegawai untuk menyelesaikan kewajiban pekerjaannya.
3. Role Behavior Conflict (Perilaku Peran Konflik)
Setiap karyawan memiliki peran dalam pekerjaannya. Di samping itu dia juga dituntut lingkungan yang ada kalanya bertentangan dengan tuntutan pekerjaannya. Hal ini seringkali memunculkan stres karena untuk membangun harmoni atas dua atau lebih tuntutan tidaklah mudah.
4. Stres Karena Adanya Perbedaan Individu
Terdapat tiga alasan mengapa dengan penyebab stres yang sama orang memperlihatkan gejala gejala stres yang berbeda. Pertama, penerimaan kita terhadap situasi yang sama, masing-masing dari kita berbeda. Kedua, memiliki ambang batas kemampuan dalam mengatasi stres yang lebih rendah dari resistensi terhadap stres. Ketiga, orang mungkin mengalami tingkat stres yang sama dan akibat yang ditimbulkan dari stres berbeda, yang menunjukkan bahwa mereka memerlukan strategi penanggulangan yang juga berbeda. Dalam hal ini beberapa orang cenderung mengabaikan stres dengan harapan hal itu akan hilang atau berlalu.

Sekian dari informasi ahli mengenai faktor faktor penyebab stres, semoga tulisan informasi ahli mengenai faktor faktor penyebab stres dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Faktor Faktor Penyebab Stres
Gambar Faktor Faktor Penyebab Stres