Macam Macam Konstitusi dan Isi Konstitusi

Loading...

Pembahasan Mengenai Macam Macam Konstitusi dan Isi Konstitusi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai macam macam konstitusi dan apa saja isi konstitusi.
 
Macam Macam Konstitusi Menurut C.F. Strong, antara lain :
1. Konstitusi Tertulis
Pengertian Konstitusi Tertulis adalah aturan-aturan pokok dasar negara, bangunan negara dan tata negara. Demikian juga, aturan dasar lainnya yang mengatur kehidupan suatu bangsa di dalam persekutuan hukum negara.
2. Kontitusi Tidak Tertulis atau Konvensi
Pengertian Konstitusi Tidak Tertulis ialah kebiasaan ketatanegaraan yang sering timbul.
 
Macam Macam Konstitusi Menurut Sifatnya, yaitu :
1. Konstitusi Fleksibel
Konstitusi Fleksibel apabila undang-undang dasar memungkinkan untuk berubah sesuai dengan perkembangan. Ciri ciri konstitusi fleksibel yaitu (a) elastis, artinya dapat disesuaikan dengan mudah, dan (b) mudah dinyatakan dan dilakukan perubahan seperti mengubah UU.
2. Konstitusi Rigid (kaku)
Konstitusi Rigid yaitu apabila konstitusi atau undang-undang dasar sulit diubah. Ciri ciri konstitusi rigid, yaitu : (a) memiliki tingkat dan derajat yang lebih tinggi daripada UU, dan (b) hanya dapat diubah dengan tata cara khusus atau istimewa.
 
Secara Teoritis, Macam macam konstitusi sebagai berikut :
1. Konstitusi politik yang berisi norma-norma di dalam penyelenggaraan negara, hubungan rakyat dengan pemerintah, hubungan antara lembaga negara.
2. Konstitusi Sosial adalah konstitusi yang mengandung cita cita sosial bangsa, rumusan filosofis negara, sistem sosial, sistem ekonomi dan sistem politik yang ingin dikembangkan bangsa tersebut.

| Isi Konstitusi |

Menurut Sri Sumantri, Konstitusi berisi tiga hal pokok, yaitu : (1) jaminan terhadap HAM (Hak Asasi Manusia) dan warga negara, (2) susunan ketatanegaraan yang bersifat fundamental, (3) pembagian dan pembatasan tugas ketatanegaraan.
 
Menurut Miriam Budiarjo, Konstitusi memuat organisasi negara, HAM (Hak Asasi Manusia), prosedur penyelesaian masalah pelanggaran hukum dan cara perubahan konstitusi.
 
Menurut Koerniatmanto Soetopawiro, isi konstitusi meliputi : (a) pernyataan ideologis, (b) pembagian kekuasaan negara, (c) jaminan HAM (Hak Asasi Manusia), (d) perubahan konstitusi, (e) larangan perubahan konstitusi.
 
Perubahan konstitusi dapat terjadi secara revolutif, terutama pada pemerintahan yang baru terbentuk. Perubahan konstitusi juga terjadi secara evolutif, yaitu konstitusi berubah secara berangsung-angsur sehingga otomatis UUD yang telah diubah tidak berlaku lagi.
 
Keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi tampak pada gagasan dasar negara, cita cita negara dan tujuan negara yang tertuang di dalam pembukaan UUD negara. Dasar negara sebagai pedoman penyelenggaraan negara secara tertulis termuat di dalam konstitusi negara. Keduanya memiliki sifat mengikat, sehingga semakin elastis akan semakin baik dan konstitusi menyangkut cara-cara menyelenggarakan pemerintahan.
 
Sekian dari Informasi ahli mengenai macam macam konstitusi dan isi konstitusi, semoga tulisan informasi ahli mengenai macam macam konstitusi dan isi konstitusi dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Zulkarnaen dan Beni Ahlmad Saebani, 2012. Hukum Konstitusi. Penerbit Pustaka Setia : Bandung.
 
Gambar Macam Macam Konstitusi dan Isi Konstitusi
Gambar Macam Macam Konstitusi dan Isi Konstitusi