Loading...

Sistem Pemerintahan Australia

Pembahasan Mengenai Sistem Pemerintahan Australia

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai sistem pemerintahan Australia.
 
Sistem pemerintahan Australia, dimulai dari terbentuknya negara Australia dari bergabungnya enam koloni Inggris (self governing) pada tahun 1901 menjadi sebuah negara federal. Setiap negara bagian memiliki konstitusi sendiri yang independen dan akan diselesaikan oleh High Court of Australia jika ada perselisihan di antara mereka. Federal Constitutional Monarchy dengan sistem demokrasi parlementer adalah bentuk pemerintahan negara dengan nama resmi Commonwealth of Australia ini.
 
Enam state yang ada di Australia adalah Victoria, New South Wales, Western Australia, Tasmania, Queensland, South Australia, sedangkan dua territory utama adalah Northern Territory, dan Australia Capital Territory (ACT). Jika state memiliki kekuasaan yang bersumber dari setiap konstitusinya, territory mendapatkan mandat pelimpahan kekuasaan dari setiap konstitusi (Commonwealth). State atau territory kemudian dibagi menjadi shire, city, dan town atau yang disebut pemerintahan lokal (local government). Setiap pemerintahan lokal diurus oleh coundil yang anggotanya terdiri atas orang-orang yang dipilih melalui pemilu yang disebut councilor atau alderman. Terdapat wilayah-wilayah yang berpenghuni lain, contohnya cristmas island (sebelah selatan Pulau Jawa) dan cocos island yang dijalankan berdasarkan hukum federal.
 
Australia menganut bicameral parliament yang terdiri atas Queen dan dua house, yaitu the senate beranggotakan 76 wakil dan house of representatives beranggotakan 150 wakil. The senate (the upper house) adalah representasi dari state dengan masing-masing 12 orang wakil dan 2 orang wakil dari territory masing-masing. House of representatives (the lower house) dengan 150 kursi diperebutkan oleh partai-partai politik berdasarkan electorates atau seats yang dialokasikan diberbagai negara bagian berdasarkan banyaknya populasi. Saat ini Australia dipimpin oleh Julia Gilard dari Labor Party yang ditunjuk oleh Gubernur Jenderal karena memenangkan mayoritas tipis parlemen setelah federal election pada bulan Agustus yang lalu.
Kemenangan Julia Gilard kemarin menarik karena dukungan anggota parlemen independen yang biasanya secara tradisional menjadi bagian dari koalisi Liberal Party yang dipimpin Tony Abbot bersama National Party, Australian Democrats, serta Green Party. Kemunculan Julia Gilard menggantikan Kevin Rudd (yang menurunkan popularitasnya karena isu super tax) sebagai perdana menteri dua bulan sebelum federal election dilangsungkan turut melapangkan jalan bagi kemenangan perdana menteri perempuan pertama Australia ini. Adapun Kevin Rudd saat ini diangkat menjadi menteri luar negeri “turun jabatan” yang bisa dipahami dalam konteks perpolitikan di Australia.
 
Federal excutive council adalah institusi yang secara resmi mewadahi menteri-menteri dalam kabinet Australia. Di Australia, nama kementerian dalam setiap kabinet dinamis termasuk dibentuk, diubah, digabungkan sesuai dengan visi misi perdana menteri terpilih. Karena berbentuk parlementer, terdapat istilah kementerian portofolio dan nonportofolio, yaitu yang memiliki suara dan tidak dalam pengambilan keputusan di kabinet. Oposisi juga memiliki menteri bayangan sendiri yang akan mengkritisi kinerja pemerintah terpilih.
 
Di Australia, Parlemen Negara Bagian memiliki kewenangan perundangan atas polisi dan peradilan negara bagian, urusan sekolah, jalan, angkutan umum, dan pemerintahan lokal yang tidak diurus pemerintah federal. Di Canberra, urusan manajemen sampah dilakukan oleh “dinas” di bawah pemerinatahan ACT yang setiap hari Jumat mengambil sampah warga dengan mobil robot.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai sistem pemerintahan Australia, semoga tulisan informasi ahli mengenai sistem pemerintahan Australia dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Zulkarnaen dan Beni Ahlmad Saebani, 2012. Hukum Konstitusi. Penerbit Pustaka Setia : Bandung.
Gambar Sistem Pemerintahan Australia

Gambar Sistem Pemerintahan Australia

 
Sistem Pemerintahan Australia | ali samiun |