Loading...

Sistem Pemerintahan Mesir

Pembahasan Mengenai Sistem Pemerintahan Mesir

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai sistem pemerintahan Mesir.
 
Dalam Sistem pemerintahan Mesir, dimulai dari Mesir yang berbentuk republik sejak 18 Juni. Mohamed Hosni Mubarak telah menjabat sebagai Presiden Mesir selama lima periode, sejak 14 Oktober 1981 setelah pembunuhan Presiden Mohammed Anwar El-Sadat. Selain itu, ia juga pemimpin Partai Demokrat Nasional. Perdana Menteri Mesir, Dr. Ahmed Nazif dilantik pada 9 Juli 2004 untuk menggantikan Dr. Atef Ebeid.
 
Kekuasaan di Mesir diatur dengan sistem semipresidensial multipartai. Secara teoritis, kekuasaan eksekutif dibagi antara presiden dan perdana menteri, tetapi dalam praktiknya, kekuasaan terpusat pada Presiden, yang selama ini dipilih dalam pemilu dengan kandidat tunggal. Mesir juga mengadakan pemilu parlemen multipartai.
 
Pada akhirnya Februari 2005, Presiden Mubarak mengumumkan perubahan aturan pemilihan presiden menuju ke pemilu multikandidat. Untuk pertama kalinya sejak tahun 1952, rakyat mesir mendapat kesempatan untuk memilih pemimpin dari daftar berbagai kandidat. Akan tetapi, aturan yang baru juga menerapkan berbagai batasan sehingga berbagai tokoh, seperti Ayman Nour, tidak bisa bersaing dalam pemilihan dan Mubarak pun kembali menang dalam pemilu.
 
Pada akhirnya Januari 2011, rakyat Mesir menuntut presiden yang sekarang berkuasa, Hosni Mubarak, untuk meletakkan jabatannya. Selama 18 hari, aksi demokrasi besar-besaran menuntut Presiden Hosni Mubarak mundur. Pada tanggal 11 Februari 2011, Hosni Mubarak resmi mengundurkan diri. Pengunduran diri ini disambut baik oleh rakyatnya, dan disambut baik oleh dunia internasional.
 

Pembagian Administratif

Mesir dibagi menjadi 26 governorat (muhafazat; tunggal – muhafazah) :
– Aswn – Al-Jizah
– Asyut – Kafr Ash-Shaykh
– Al-Bahr Al-Ahmar – Matruh
– Bani Suwayf – Al-Minufiyah
– Al-Buhayrah – Al-Minya
– Bur Sa’id – Al-Qahirah
– Ad-Daqahliyah – Al-Qalyubiyah
– Dumyat – Qina
– Al-Fayyum – Shamal Sina’
– Al-Gharbiyah – Ash-Sharqiyah
– Al-Iskandariyah (Alexandria) – Suhaj
– Al-Isma’iliyah – As-Suways
– Janub Sina – Al-Wadi Al-Jadid
 
Sekian dari informasi ahli mengenai sistem pemerintahan Mesir, semoga tulisan informasi ahli akan membahas mengenai sistem pemerintahan Mesir.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Zulkarnaen dan Beni Ahlmad Saebani, 2012. Hukum Konstitusi. Penerbit Pustaka Setia : Bandung.
Gambar Sistem pemerintahan Mesir

Gambar Sistem pemerintahan Mesir

 
Sistem Pemerintahan Mesir | ali samiun |