Loading...

Pengertian Hukum Adat Menurut Ahli

Pembahasan Mengenai Pengertian Hukum Adat

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian hukum adat menurut ahli.
 
Menurut Bushar Muhmmad, Pengertian Hukum Adat adalah seluruh peraturan yang ditetapkan dalam keputusan-keputusan dengan penuh wibawa yang dalam pelaksanaannya “diterapkan begitu saja”, artinya tanpa adanya keseluruhan peraturan yang dalam kelahirannya dinyatakan mengikat sama sekali.
 
Ter Haar mengatakan bahwa hukum adat itu mengabaikan bagian-bagiannya yang tertulis yang terdiri dari peraturan-peraturan desa, surat- surat perintah raja, adalah keseluruhan peraturan- peraturan yang menjelma dalam keputusan-keputusan para fungsionir hukum (dalam arti luas). Keputusan tersebut memiliki kekuatan wibawa (macht) serta pengaruh (invloed) yang dalam pelaksanaannya berlaku dengan serta merta (spontan) dan tidak seorangpun yang berani membangkang. Pelaksanaannya dipenuhi secara sungguh-sungguh tanpa pilih kasih.
 
Wajar jika kemudian tidak ditemukan adanya kitab tertulis yang disebar secara resmi. Hukum adat yang berlaku itu hanya dapat diketahui dan dilihat dalam bentuk keputusan-keputusan para fungsionaris hukum itu, bukan saja hakim tetapi juga kepala adat, rapat desa, wali tanah, petugas-petugas di lapangan agama, petugas-petugas desa lainnya. Keputusan itu bukan hanya keputusan mengenai suatu sengketa yang resmi, tetapi juga diluar itu, berdasarkan nilai-nilai yang hidup sesuai dengan alam rohani dan hidup kemasyarakatan angota-anggota persekutuan itu.
 
Soekanto dalam bukunya Meninjau Hukum Adat Indonesia, mengemukakan bahwa “kompleks adat-adat inilah yang kebanyakan tidak dikitabkan, tidak dikodifisir “ongecodificeerd” dan bersifat paksaan “dwang“, mempunyai sanksi (dari hukum itu), jadi mempunyai akibat hukum “rechtsgevolg“, kompleks ini disebut hukum adat “adatrecht”.
Dengan demikian, hukum adat itu merupakan keseluruhan adat (yang tidak tertulis) dan hidup dalam masyarakat bempa kesusilaan, kebiasaan dan kelaziman yang mempunyai akibat hukum.
 
Menurut Hazairin, Pengertian Hukum Adat adalah renapan kesusilaan dalam masyarakat, yaitu bahwa kaidah-kaidah adat itu berupa kaidah-kaidah kesusilaan yang kebenarannya telah mendapat pengakuan umum dalam masyarakat itu yang dibuktikan dengan kepatuhannya terhadap kaidah-kaidah tersebut.
 
Dalam pidato inaugurasinya yang berjudul Kesusilaan dan Hukum, Hazairin mengatakan bahwa seluruh lapangan hukum mempunyai hubungan dengan kesusilaan, langsung ataupun tidak langsung. Dengan demikian maka dalam sistem hukum yang sempurna tidak ada tempat bagi sesuatu yang tidak selaras atau bertentangan dengan kesusilaan.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian hukum adat menurut ahli, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian hukum adat menurut ahli dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– A. Suriyaman Mustari Pide, 2009. Hukum Adat : Dulu, Kini dan Akan Datang. Yang Menerbitkan Pelita Pustaka : Jakarta.
Gambar Pengertian Hukum Adat Menurut Para Ahli

Gambar Pengertian Hukum Adat Menurut Para Ahli

 
Pengertian Hukum Adat Menurut Ahli | ali samiun |