Pengertian Hukum Internasional Menurut Para Ahli

Loading...

Pembahasan Mengenai Pengertian Hukum Internasional Menurut Para Ahli

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian hukum internasional menurut para ahli.
 
Menurut J.G. Starke, Pengertian Hukum Internasional dapat dirumuskan sebagai sekumpulan hukum (body of law) yang sebagian besar terdiri dari asas asas dan karena itu biasanya ditaati dalam hubungan antara negara negara satu sama lain, yang juga meliputi :
a. Peraturan-peraturan hukum mengenai pelaksanaan fungsi lembaga-lembaga dan organisasi-organisasi itu masing-masing serta hubungannya dengan negara-negara dan individu-individu.
b. Peraturan-peraturan hukum tersebut mengenai individu-individu dan kesatuan-kesatuan bukan negara, sepanjang hak-hak atau kewajiban-kewajiban individu dan kesatuan itu merupakan masalah persekutuan internasional.
 
Professor Dr. Mochtar Kusumaatmadja mengatakan bahwa yang dimaksud dengan istilah hukum internasional dalam pembahasan ini adalah hukum internasional publik, yang harus dibedakan dari hukum perdata internasional.
Pengertian Hukum Internasional adalah keseluruhan kaidah dan asas hukum yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas negara (hubungan internasional) yang bukan bersifat perdata. Hukum internasional ialah keseluruhan kaidah dan asas yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas negara antara :
a. Negara dengan negara.
b. Negara dengan subjek hukum lain bukan negara atau subjek hukum bukan negara, satu sama lain.
 
Pengertian Hukum Internasional Menurut W Michael Reisman adalah aturan aturan hukum yang melindungi kedaulatan rakyat bukan kedaulatan negara atau penguasa, yang dimana biasa dijadikan sebagai tameng untuk menindas rakyat.
 
Hukum Internasional didasarkan atas pemikiran :
a. Masyarakat internasional yang terdiri dari sejumlah negara yang berdaulat dan merdeka (independen) dalam arti masing-masing berdin sendiri tidak di bawah kekuasaan yang lain (Multi State System).
b. Tidak ada suatu badan yang berdiri di atas negara-negara baik dalam bentuk negara (world state) maupun badan supranasional yang lain.
c. Merupakan suatu tertib hukum koordinasi antara anggota masyarakat internasional sederajat. Masyarakat internasional tunduk pada hukum internasional sebagai suatu tertib hukum yang mengikat secara koordinatif untuk memelihara dan mengatur berbagai kepentingan bersama.
 
Hukum dunia berpangkal pada pemikiran yang lain :
a. Banyak dianalogikan dengan hukum tata negara, hukum dunia merupakan semacam negara (federasi) dunia yang meliputi semua negara di dunia ini.
b. Negara dunia secara hirarki berdiri di atas negara-negara nasional.
c. Hukum dunia merupakan suatu tertib hukum subordinasi.
 
Kita memilih konsep hukum internasional karena tertib hukum internasional yang mengatur masyarakat internasional yang terdiri dari anggota yang sederajat lebih sesuai dengan kenyataan dewasa ini. Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian hukum internasional menurut para ahli, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian hukum internasional menurut para ahli dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– T. May Rudy, 2006. Hukum Internasional 1. Yang Menerbitkan PT Refika Aditama : Bandung.
Gambar Pengertian Hukum Internasional Menurut Ahli
Gambar Pengertian Hukum Internasional Menurut Ahli