Pengertian Ekstradisi dan Asylum Dalam Hukum Internasional

Loading...

Pembahasan Mengenai Pengertian Ekstradisi dan Asylum Dalam Hukum Internasional

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian ekstradisi dan asylum dalam hukum internasional.
 
Pengertian Ekstradisi adalah suatu proses di mana berdasarkan traktat atau reprositas suatu negara menyerahkan kepada negara lain atas permintaannya seseorang dituduh atau dihukum karena melanggar hukum negara yang mengajukan permintaan, negara yang meminta ekstradisi memiliki kompetensi untuk mengadili tertuduh tindak pidana tersebut.
 
Dua kaidah ekstradisi :
1. Hams ada orang yang di ekstradisi.
2. Hams ada kejahatan ekstradisi.
 
Beberapa negara mengatakan hanya kejahatan yang dikategorikan berat sehagai kejahatan ekstradisi, yaitu suatu kejahatan yang bisa dijatuhkan hukuman yang sama menurut hukum kedua negara yang bersangkutan (double-criminality). Mengenai hal ini, Inggris memasukannya ke dalam Ex­tradition Acts 1870 dari UU Ekstradisi.
 
Dalam hal ini, hukum internasional menyerahkan kepada negara kedaulatan penuh untuk memutuskan menurut hukum dan praktek nasionalnya.
Pengertian Rendition adalah penyerahan seorang pelaku tindak pidana kepada suatu negara untuk dihukum berdasarkan persetujuan ad hoc atau reprositas, bukan traktat ekstradisi.
 
| ASYLUM |
Pengertian Asylum adalah pemberian suaka. Konsep asylum yaitu menyangkut :
1. Tempat perlindungan atau shelter, lebih dari pengungsian sementara.
2. Perlindungan aktif dari penguasa wilayah pemberi suaka.
 
Pemberian suaka bersifat sebagai berikut :
1. Suaka teritorial, pemberian suaka oleh suatu negara di wilayah.
2. Suaka extra-teritorial : pemberian suaka dalam kaitannya dengan gedung konsuler, kedutaan, markas besar internasional dan kapal perang.
 
Pengertian Deportasi adalah penolakan suaka yang dapat berupa penyerahan. Ini berlaku jika ada perundang-undangan yang mengatur mengenai orang asing, walaupun pelaku tindak pidana tersebut tidak dapat di ekstradisi.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian ekstradisi dan asylum dalam hukum internasional, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian ekstradisi dan asylum dalam hukum internasional dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– T. May Rudy, 2006. Hukum Internasional 1. Yang Menerbitkan PT Refika Aditama : Bandung.
Gambar Pengertian Ekstradisi dan Pengertian Asylum
Gambar Pengertian Ekstradisi dan Pengertian Asylum