Loading...

Biologi Molekuler

Pembahasan Mengenai Biologi Molekuler

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai biologi molekuler.
 
1. MOLEKUL AIR
Air sangat berlimpah di permukaan bumi bahkan meliputi 2/3 nya. Air merupakan bagian terbesar dalam tubuh manusia dan paling sedikit mengandung 60% air. Formula kimia adalah H20 dan businya dalam tubuh sama, namun muatan total adalah netral. Jika molekul air sangat berdekatan, bagian muatan yang berlawanan akan saling tarik menarik.
 
Ikatan air memiliki beberapa sifat sebagai hasil dari ikatan hidrogen yang dibentuk oleh 2 (dua) molekul air yang berdekatan. Bila molekul air berada saling berdekatan maka terjadi daya tarik menarik. Ikatan air memiliki beberapa sifat sebagai hasil dari ikatan hidrogen yang dibentuk oleh 2 (dua) molekul air yang berdekatan.
 
Keutamaan Biologi Air :
a) Kohesi, molekul air saling tarik menarik, sehingga membentuk tegangan permukaan.
b) Adhesi, molekul air ditarik oleh molekul yang berbeda tipenya, ini membuat contohnya pergerakan air melalui pembuluh darah kapiler.
c) Buffer temperatur, air butuh menghisap sejumlah besar energi termal sebelum suhunya meningkat 1oC. Hal ini yang membuat organisme memelihara lingkungan internal yang konstan.
d) Metabolit, air berperan penting dalam berbagai reaksi kimia. Bisa digunakan dalam proses hidrolisis karbohidrat (dipecah oleh air), protein dan lemak.
e) Pelarut, air melarutkan banyak zat, dan digunakan untuk transpor, ekskresi dan sekresi.
 
2. KARBOHIDRAT
Fungsi karbohidrat yaitu antara lain :
a. Sumber energi dari organisme.
b. Energi cadangan dalam organisme
c. Komponen struktural dari membran sel
d. Dinding sel dan beberapa kerangka sel.
 
Ada 3 (tiga) kelompok utama karbohidrat :
a. Monosakarida
b. Disakarida
c. Polisakarida
Seluruh karbohidrat disusun oleh atom karbon, hidrogen dan oksigen.
 
3. PROTEIN
Selalu disusun oleh nitrogen, karbon, hidrogen dan oksigen. Bentuk molekul protein ditentukan oleh urutan asam aminonya. Biasanya terdapat 20 molekul asam amino dalam protein.
FUNGSI
PROTEIN
Nutrisi
Transport gas respiratorius
Imunitas
Koordinasi
Tumbuh dan perbaikan
Penyokong dan pergerakan
Enzim digestif
Hb.
Antibodi
Hormon
Membran protein
Miosin/aktin , kreatin
 
Struktur Protein yaitu disusun oleh satu atau lebih rantai polipeptida yang melipat bercabang dan menyilang. Setiap protein memiliki bentuk tiga dimensi :

Seperti berpilih yang diikat oleh hidrogen berlipat lipat-lipat membentuk pilinan yang kuat oleh ikatan hidrogen. Jenis ini kuat oleh ikatan hidrogen. Jenis ini membentuk serat protein fibrosa (keratin).
 
– Tertier
Lipatan diikat oleh ikatan hidrogen. Polipeptida berlipat-lipat dalam bentuk globuler,yang dipertahankan oleh ikatan hidrogen, ikatan ionik dan kovalen di antara atom sulfur.
– Kuartener
Lebih dari satu rantai polipeptida. Contoh Hb mengandung 4 rantai (2 rantai alfa dan 2 rantai beta polipeptida).
 
 
 
4. LIPID
Semua lipid disusun oleh atom C, H dan O. Tidak larut dalam air tapi dapat larut dalam pelarut organik. Fungsi lipid yaitu meliputi :
a. Sumber energi
b. Energi cadangan
c. Insulasi tubuh
d. Membran sel
e. Anti ari (water proofing)
 
5. ENZIM
Suatu protein yang disintesis oleh organisme itu sendiri. Molekul kebanyakan enzim jauh lebih besar dari substrat (molekul zat yang mengadakan kontak langsung dengan enzim). Hanya sebagian kecil saja dari enzim (3 -12 asam amino)yang mengadakan kontak langsung dengan substrat. Asam amino yang mengadakan kontak langsung dengan substrat membentuk bagian aktif dari enzim, sisanya sebagai bentuk “globuler komplek” dari enzim.
 
Fungsi Enzim yaitu : 
a. Berfungsi sebagai biokatalisator organik dalam metabolisme.
b. Mempercepat dan memperlambat jalannya suatu reaksi biokimia yang berlangsung di dalam organisasi molekuler makhIuk hidup atau baik pada tingkat sel, jaringan maupun organ.
 
Sifat Enzim yaitu :
1. Spesifik
2. Suhu, mempengaruhi derajat reaksi enzim katalase
3. Pengaruh Ph, perubahan Ph —> denaturasi protein
4. Konsentrasi enzim
5. Konsentrasi substrat
6. Inhibisi reaksi enzim
7. Inhibisi reversibel
Gambar Enzim
 
Sekian dari informasi ahli mengenai biologi molekuler, semoga tulisan informasi ahli mengenai biologi molekuler dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Sartono dan Marina Lubniar Sartono, 2010. Biologi Sel Molekuler, Variasi dan Keturunan. Yang Menerbitkan Universitas Trisakti : Jakarta.
Gambar Biologi molekuler

Gambar Biologi molekuler

 
Biologi Molekuler | ali samiun |