Esensi Nilai Nilai Kebangsaan Indonesia

Loading...

Pembahasan Mengenai Esensi Nilai Nilai Kebangsaan Indonesia

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli mengenai esensi nilai nilai kebangsaan indonesia.
 
Kelima sila Pancasila ini melahirkan nilai nilai kebangsaan indonesia, yang meliputi :
1. Nilai religiositas, yakni nilai-nilai spiritual yang tinggi yang harus dimiliki oleh manusia Indonesia yang berdasarkan agama dan keyakinan yang dipeluknya dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap pemeluk agama dan keyakinan lain yang tumbuh dan diakui di Indonesia. Hal ini merupakan konsekuensi dari sila Ketuhanan Yang Maha Esa yang mengajak semua komponen bangsa untuk beragama dan berkeyakinan secara berkebudayaan.
2. Nilai kekeluargaan, mengandung nilai-nilai kebersamaan dan senasib dan sepenanggungan dengan sesama warga negara tanpa membedakan asal usul, agama-keyakinan, latar belakang sosial dan politik seseorang.
3. Nilai keselarasan, memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan keinginan un­tuk memahami dan menerima budaya dan kearifan lokal sebagai perwujudan dari nilai-nilai kemajemukan Indonesia.
4. Nilai kerakyatan, memiliki sifat dan komitmen untuk berpihak kepada kepentingan rakyat banyak dalam merencanakan, merumuskan dan menjalankan kebijakan publik, sebagai perwujudan dari prinsip kedaulatan rakyat dan bangsa yang berdaulat.
5. Nilai keadilan, memiliki kemampuan untuk menegakkan dan berbuat adil ke­pada sesama manusia serta mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indone­sia.
 
Adapun nilai-nilai kebangsaan indonesia yang bersumber dari UUD 1945, antara lain :
a. Nilai demokrasi, yakni mengandung makna bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat, dan setiap warga negara memiliki kebebasan berserikat dan mengemukakan pendapat secara bertanggung jawab.
b. Nilai kesamaan derajat, setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di hadapan hukum.

c. Nilai ketaatan hukum, setiap warga negara tanpa pandang bulu harus taat hu­kum dan peraturan yang berlaku.

Secara umum nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari NKRI, antara lain :
a. Nilai kesatuan wilayah, sebagai konsekuensi dari realitas geografis Indonesia sebagai negara kepulauan dengan perairan sebagai pemersatu ribuan pulau, bukan sebagai pemisah.
b. Nilai persatuan bangsa, sebagai realisasi dari realitas Indonesia sebagai bangsa yang majemuk : agama, suku, budaya, politik dan sebagainya.
c. Nilai kemandirian, membangun negara dan bangsa di atas prinsip kemandirian dengan mengoptimalkan kemampuan sumber daya manusia, alam dan budaya yang dimiliki Indonesia serta diprioritaskan seluas-luasnya bagi kesejahteraan dan kejayaan bangsa Indonesia (national interests).
 
 
Adapun nilai-nilai kebangsaan indonesia yang bersumber dalam semboyang Bhinneka Tunggal Ika, antara lain :
1. Nilai toleransi, sikap mau memahami dan menerima kehadiran orang lain yang berbeda (keyakinan, suku, bahasa, politik dan lain-lain) untuk hidup berdampingan secara damai.
2. Nilai keadilan, yaitu sikap seimbang antara mendapatkan hak dan menjalankan kewajiban sebagai warga negara.
3. Nilai gotong royong, sebagai sikap dan tindakan untuk bekerja sama dengan orang maupun kelompok warga bangsa yang lain dalam urusan-urusan yang terkait dengan kepentingan bersama, kemasyarakatan dan negara.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai esensi nilai nilai kebangsaan indonesia, semoga tulisan informasi ahli mengenai esensi nilai nilai kebangsaan indonesia dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– A. Ubaedillah, 2015. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pancasila, Demokrasi Dan Pencegahan Korupsi. Yang Menerbitkan Prenada Media Group : Jakarta.
Gambar Esensi Nilai Nilai Kebangsaan Indonesia
Gambar Esensi Nilai Nilai Kebangsaan Indonesia