Membran Sel dan Membran Inti

Loading...

Pembahasan Mengenai Membran Sel dan Membran Inti

Hai Pembaca, kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai membran sel dan membran inti.
 
1. MEMBRAN SEL
Pengertian Membran Sel adalah suatu sel yang membatasi keberadaan dari sebuah sel. Membran sel merupakan membran yang “partial permeable“, kalau hanya zat-zat tertentu saja yang bisa melewati membran sel sedangkan zat-zat lainnya tidak.
 
Fungsi Membran Sel, yaitu :
a. Fungsi Membran sel sebagai penunjang struktural
b. Fungsi Membran sel sebagai transport akti dan atau transpor pasif
c. Fungsi Membran sel sebagai reseptoe, glikoprotein pada permukaan sebelah luar membran sel dan berperan sebagai antigen atau reseptor bagi hormon atau enzim.
 
Membran sel disusun oleh 2 lapisan yaitu Fosfolipid dan Protein. Hasil penelitian menyatakan bahwa fosfolipid menyusun diri sebagai “bilayer” atau 2 (dua) lamellae dengan ekor (lemak) yang hidrofobik menghadap ke dalam dan hidrofilik (fosfat) menghadap ke luar (ke solution, susunan molekul protein tersebar (secara tak teratur) di antara “samudera fosfolipid.”
 
Protein yang berada di lapisan sebelah luar fosfolipid (protein ekstrinsik) atau meluas di keduanya, pada kedua lapisan (protein intrinsik), yang juga memiliki bagian hidrofobik dan hidrofilik.
 
2. MEMBRAN INTI
Pengertian Membran Inti adalah membran ganda yang terdiri atas asam nukleat (DNA dan RNA) serta protein Kromatin inti disusun terutama oleh benang DNA yang diikat oleh protein histon.
Selama pembelahan sel, kromatin berkondensasi menjadi kromosom bagian padat dari DNA disebut anak inti (nukleolus) dan terlibat aktif dalam memproduksi ribosomal RNA (r-RNA) dan ribocom.
 
Fungsi Membran Inti, yaitu :
a. Fungsi Membran inti yang sebelah luar melanjut ke endoplasmik retikulum dan seringkali mengandung ribosom, yang selanjutnya dikenal sebagai granular endoplasmik reticulum atau Rough Endoplas­mic Reticulum (R-ER atau G-ER).
b. Fungsi Membran inti yang sebelah dalam tidak mengandung ribosom. Perforasi membran inti karena adanya porus dengan diameter 40 – 100 um. Per inti sel terdapat 3000 porus dan porus ini sebagai tempat lalunya pertukaran zat (Contohnya : mRNA) antara inti dengan sitoplasma.
Membran Sel
1. Daerah Hidrofilik
2. Glikolipid
3. Glikoprotein
4. Daerah hidrofolik
5. Saluran hidrofolik ada proses yang khas bias dilewati oleh ion-ion dan molekul polar
6. Fosfolipid
7. Bilayer
8. Permukaan luar
 
Membran Sel 2
Gambar Protein yang hanya berada di lapisan sebelah luar dan fosfolipin dikenal dengan “protein ekstrinsik atau bisa meluas melewati kedua lapisan fosfolipid”.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai membran sel dan membran inti, semoga tulisan informasi ahli mengenai membran sel dan membran inti dapat bermanfaat.

 

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Sartono dan Marina Lubniar Sartono, 2010. Biologi Sel Molekuler, Variasi dan Keturunan. Yang Menerbitkan Universitas Trisakti : Jakarta.