Loading...

Retikulum Endoplasma dan Ribosom

Pembahasan Mengenai Retikulum Endoplasma dan Ribosom

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai retikulum endoplasma dan ribosom.
 
1. RETIKULUM ENDOPLASMA
 
Pengertian Retikulum Endoplasma adalah anyaman (retikulum) yang berbentuk tubulus, vesikulus atau globulus yang bermembran ganda dan seringkali dikelilingi ribosom (r-ER) disebut Granuler Endoplasma Retikulum  (g-ER). Yang tidak mengandung ribosom disebut Smooth Endoplasma Retikulum (s-ER) atau Agranuler Endoplasma Retikulum (a-ER).
 
Endoplasma retikulum untuk setiap sel berbeda karena bergantung pada jenis sel dan fungsi terkait. Pada sel yang aktivitas utamanya bukan memproduksi protein untuk ekspor, cenderung kurang berdiferensiasi walaupun banyak ribosom.
 
 
Fungsi Retikulum Endoplasma yaitu :
 
a. Fungsi retikulum endoplasma untuk menyimpan dan memproduksi protein (r-ER)
b. Fungsi retikulum endoplasma untuk Memproduksi lipid dan steroid (s-ER)
c. Fungsi retikulum endoplasma untuk Memproduksi zat-zat melalui sel.
d. Retikulum endoplasma berperan aktif dalam fungsi mekanik sel dengan menyiapkan perlengkapan pendukung mekanik bagi struktur koloid sitoplasma. Hal ini berkaitan dengan kenyataan bahwa ER membagi sitopalsma ke dalam 2 kompartemen yaitu sitosol dan struktur dalam lumen.
e. Fungsi retikulum endoplasma mengatur pertukaran antara kompartemen dengan matriks sitoplasma atau kompartemen sebelah luar.
f. Fungsi retikulum endoplasma sebagai aktivitas enzim.
g. Pada permukaan membran sel terdapat “carrier” dan permease, transpor aktif melalui membran, pinositosis dan fagositosis.
h. Dengan adanya distribusi enzim tertentu menandakan adanya hubungan dinamik antara sistem vakuoler dengan arah cairan dari s-ER, ke Aparatus Golgi terus ke apical sitoplasma.
i. Aliran membrane, Retikulum endoplasma dan sirkulasi pendistribusian berbagai substansi intraseluler, di samping berperan pula dalam aliran membran untuk membawa partikel-partikel, molekul-molekul dan ion-ion ke dalam dan ke luar sel. Konsep ini diperkuat dengan adanya pengamatan aktif mengenai pengambilan air dari media sekitar, yang gejalanya dikenal dengan pinositosis.
j. Fungsi retikulum endoplasma sebagai Detoksifikasi.
k. Pemberian obat-obatan dapat meningkatkan aktivitas enzim.
l. Fungsi retikulum endoplasma sebagai Glikogenolisis. Peranan s-ER berhubungan dengan deposit glikogen dalam sitosol.
 
Asal Retikulum Endoplasma diduga dari hasil evaginasi selubung inti pada telofase. Proses modifikasi membran secara kimiawi dan struktural ini disebut membran diferensiasi.
 
Dengan adanya distribusi berbagai macam membran enzim biosintetik dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa pada umumnya membran intraseluler disintesis pada r-ER dan kemudian ditransformasikan melalui serangkaian perubahan yang progresif dalam s-ER dan Aparatus Golgi.
 
2. RIBOSOM
 
Pengertian Ribosom adalah Granula kecil dalam sitoplasma yang separuh massanya adalah s-ER (smooth Endoplasma Retikulum) dan yang lainnya protein.
Fungsi Ribosom yaitu :
a. Fungsi ribosom sebagai pabrik protein.
b. Fungsi ribosom yaitu biasa melekat pada ER atau berkelompok membentuk polisom yang bebas dalam sitoplasma.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai retikulum endoplasma dan ribosom, semoga tulisan informasi ahli mengenai retikulum endoplasma dan ribosom dapat bermanfaat.
 

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Sartono dan Marina Lubniar Sartono, 2010. Biologi Sel Molekuler, Variasi dan Keturunan. Yang Menerbitkan Universitas Trisakti : Jakarta.
Gambar Struktur Retikulum Endoplasma

Gambar Struktur Retikulum Endoplasma

Gambar Struktur Ribosom

Gambar Struktur Ribosom

Retikulum Endoplasma dan Ribosom | ali samiun |