Syarat Wajib Puasa dan Syarat Sah Puasa

Loading...

Pembahasan Mengenai Syarat Wajib Puasa dan Syarat Sah Puasa

 
Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai syarat syarat wajib puasa dan syarat syarat sah puasa.
| Syarat Syarat Wajib Puasa |
 
Syarat syarat wajib puasa yang harus dipenuhi, antara lain :
1. Baligh
Baligh merupakan salah satu dari syarat wajib puasa. Orang yang belum baligh (berumur 15 tahun ke atas) belum diwajibkan berpuasa karena belum termasuk mukallaf. Sebagaimana halnya shalat, ibadah puasa juga harus dilaksanakan oleh yang baligh, yang merupakan syarat wajib puasa. Orang yang belum baligh belum diberi beban, karena belum bisa bertanggung jawab atas beban yang diberikan kepadanya.
2. Berakal
Syarat wajib puasa salah satunya yaitu berakal. Puasa itu diwajibkan atas orang-oarang yang berakal dan tidak wajib atas orang gila, termasuk orang yang sedang koma (tidak sadarkan diri). Kalau kepada orang yang belum baligh tidak dibebani kewajiban puasa, maka atas orang yang tidak berakal tentu lebih wajar lagi tidak di bebani kewajiban puasa.
3. Mampu (kuat) Berpuasa
syarat wajib puasa selanjutnya ialah mampu atau kuat berpuasa. Orang yang sudah tua renta, atau orang yang sakit, tidak diwajibkan berpuasa sebagaiman firman Allah dalam Alquran surah Al-Baqarah : 184-185.
Akan tetapi orang tua renta dan orang sakit yang tidak ada harapan untuk sembuh, cukup membayar fidyah dan tidak usah mengqadha puasa.
 
 
| Syarat Syarat Sah Puasa |
 
Sebelum berpuasa kita terlebih dahulu harus mengetahui syarat syarat sah puasa. Puasa dipandang sah apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
1. Islam
Salah satu dari syarat syarat sah puasa adalah beragama islam. Orang yang bukan muslim tidak sah puasanya menurut syara’, sebagaimana kita lihat pada Alquran surah Al-Baqarah : 183, yang telah disebutkan terdahulu bahwa puasa itu diwajibkan atas orang-orang yang sudah beriman. Hal ini berarti bahwa puasa itu diwajibkan atas muslim yang benar-benar beriman.
2. Mumayyiz
Mumayyiz merupakan salah satu dari syarat syarat sah puasa. Mumayyiz adalah orang yang dapat membedakan yang baik dengan yang tidak baik. Biasanya seseorang disebut mumayyiz apabila dia sudah aqil baligh, tidak baligh dan tidak juga bodoh.
3. Suci dari Haid dan Nifas
Salah satu dari syarat syarat sah puasa yaitu suci dari haid dan nifas. Perempuan yang sedang datang bulan dan sedang nifas (masih mengeluarkan darah sesudah melahirkan), tidak boleh berpuasa atau haram dan waib mengqadha sebanyak hari dia tidak berpuasa.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai syarat syarat wajib puasa dan syarat syarat sah puasa, semoga tulisan informasi ahli mengenai syarat syarat wajib puasa dan syarat syarat sah puasa dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Hasan. M. Ali, 2001. Tuntunan Puasa dan Zakat. Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Gambar syarat wajib puasa dan syarat sah puasa
Gambar syarat wajib puasa dan syarat sah puasa