Loading...

Aliran Psikologi Gestalt

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai aliran psikologi gestalt.
 
 
Istilah gestalt dalam bahasa Inggris berarti form, shape, configuration, whole dan dalam bahasa Indonesia berarti bentuk, keseluruhan, esensi, totalitas, hal, peristiwa dan hakikat. Aliran psikologi gestalt ini lahir sebagai upaya protes terhadap pandangan elementaristis dari Chr. V. Ehrenfels yang merupakan Pelopor Psikologi Gestalt dengan karyanya Ueber Gestaltqualitaten. Metode kerjanya menganalisis unsur unsur kejiwaan.
 
Menurut Ahmad Fauzi, dalam aliran psikologi gestalt, yang utama bukanlah elemen, tetapi keseluruhan. Kesadaran dan jiwa manusia tidak mungkin dianalisis ke dalam elemen elemen. Gejala kejiwaan harus dipelajari sebagai suatu keseluruhan atau totalitas. Keseluruhan adalah lebih dari sekadar penjumlahan unsur unsurnya. Keseluruhan itu lebih dahulu ditanggapi dari bagian- bagiannya, dan bagian bagian itu harus memperoleh makna dalam keseluruhan. Artinya, makna gestalt bergantung pada unsur unsurnya dan sebaliknya arti unsur unsur itu bergantung juga pada gestalt.
 
Kartini Kartono mengatakan bahwa psikologi Gestalt dikembangkan di sekolah Berlin oleh tokoh tokohnya, seperti M. Wertheimer, K. Koffka dan W. Kohler; juga di sekolah Leipzig dengan tokohnya F. Krueger dan H. Volkelt, serta Claparede dan Decroly dengan konsepnya mengenai skematisasi, globalisasi dan sinkretisme.
 
Psikologi Gestalt memandang keberadaan totalitas batiniah yang terorganisasi yang memosisikan totalitas sebagai sesuatu yang utama atau primer, sedangkan elemen elemen kejiwaan merupakan sesuatu yang sekunder. Dengan demikian, totalitas struktur dan gestalt melebihi keberasaan elemen elemen yang terorganisasi. Gejala gejala psikis yang khusus menurut Gestalt merupakan totalitas dari seluruh keadaan psikis yang menentukan bangkitnya tenaga batiniah dalam psikis manusia.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai aliran psikologi gestalt, semoga tulisan informasi ahli mengenai aliran psikologi gestalt dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Mursidin, 2010. Psikologi Umum. Yang Menerbitkan CV Pustaka Setia : Bandung.
Gambar Christian Von Ehrenfels Tokoh Aliran Psikologi Gestalt

Gambar Christian Von Ehrenfels Tokoh Aliran Psikologi Gestalt

 
Aliran Psikologi Gestalt | ali samiun |