Loading...

Aliran Psikologi Transpersonal

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai aliran psikologi transpersonal.
 
 
Perkembangan psikologi humanistik semakin kuat ketika muncul aliran psikologi transpersonal yang dapat dikatakan sebagai bagian dari psikologi humanistik. Aliran ini dirintis melalui berbagai penelitian psikologi klinis pada tahun 1960. Hasil hasil penelitian disosialisasikan melalui majalah psikologi transpersonal seperti Journal of Transpersonal Psychology yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1969.
 
Aliran Psikologi Transpersonal mempelajari semua gejala yang dialami oleh manusia, yang berhubungan dengan pengalaman rohaniah, hal hal yang berbau mistik dan spiritualitas kejiwaan dipelajari dan diteliti secara psikologis. Penelitian mengenai gejala gejala rohaniah seperti peak experience (pengalaman puncak) menunjukkan bahwa psikologi transpersonal memperoleh perhatian yang serius dari berbagai tokoh psikologi saat itu, apalagi dalam psikologi transpersonal bentuk bentuk kesadaran manusia, khususnya taraf kesadaran ASCs (Altered States of Consciosness) dikaji secara filosofis dan psikologis sejak tahun 1969.
 
Pandangan pandangan aliran psikologi transpersonal yaitu sebagai berikut :
1. Manusia memiliki dimensi kesadaran fisikal dan metafisikal yang kompleks, yang merupakan penggerak bagi terbentuknya kesadaran manusiawi.
2. Setiap kejiwaan manusia memiliki pengalaman realistik dan mistik yang merupakan energi kebangkitan kemanusiaannya.
3. Kecerdasan yang dapat dikembangkan oleh manusia dan dari manusia sendiri adalah pengalaman fisikal dan spiritualitasnya yang meningkatkan kecerdasan perilaku, sekaligus kecerdasan spiritual.
4. Manusia memiliki potensi imanen yang transenden sebagai bagian dari kerohanian manusia yang sejati.
5. Pengalaman keagamaan meliputi peak experience (pengalaman puncak), plateu (masa stabil) dan farthes reaches of human nature (jangkauan terjauh dari sifat dasar manusia).
6. Aspek aspek spiritual atau transendental diri manusia merupakan keniscayaan psikologis manusia sendiri.
7. Kesadaran manusia sangat kuat berhubungan dengan potensi rohaniahnya.
8. Kepribadian yang meningkat kesadarannya berjalan seimbang antara nilai, idealitas dan tingkah lakunya yang konkret serta hubungan hubungan mistik yang bersifat abstrak, seperti hubungan supranatural manusia dengan alam atau dengan yang diyakini sebagai Dzat yang tertinggi.
9. Otoritas manusia sangat kuat di dalam mengubah kehidupannya sendiri.
10. Manusia merupakan perwujudan kemandirian dan kesadaran tunggal dari dua kekuatan, yakni kekuatan rohani dan jasmani.
11. Kecerdasan manusia ditunjukkan di dalam penafsiran penafsiran terhadap pengalaman hidup dirinya dan orang lain. Kedudukan pemaknaan kehidupan sangat penting untuk meningkatkan aktualitas diri.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai aliran psikologi transpersonal, semoga tulisan informasi ahli mengenai aliran psikologi transpersonal dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Mursidin, 2010. Psikologi Umum. Yang Menerbitkan CV Pustaka Setia : Bandung.
Gambar Anthony Sutich Tokoh Aliran Psikologi Transpersonal

Gambar Anthony Sutich Tokoh Aliran Psikologi Transpersonal

 
Aliran Psikologi Transpersonal | ali samiun |