Loading...

Aliran Strukturalisme Dalam Psikologi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai aliran strukturalisme dalam psikologi.
 
 
Aliran Strukturalisme pertama kali berdiri tegak karena kerja keras Wilhelm Wundt, seorang psikolog Jerman yang pertama kali mendirikan laboratorium psikologi untuk melakukan berbagai eksperimen. Karena laboratorium psikologi pertama kali dibuat di Jerman, Jerman dikenal dengan sebutan “Ibu Psikologi”. Kemudian, Edward Titchener (tahun 1867 sampai tahun 1927), seorang mahasiswa Sastra Inggris dan penerjemah ajaran Wundt, pergi ke Amerika Serikat (tahun 1893) dan membangun laboratorium psikologi di Cornell.
 
Aliran strukturalisme menganalisis kesadaran ke dalam unsur unsur atau pengalaman untuk menentukan strukturnya berdasarkan hasil introspeksi yang bersifat mekanik. Pengalaman sebagai unsur unsur kesadaran yang akan memiliki makna apabila bersatu. Dengan kata lain, pengalaman pengalaman yang kompleks dari mentalitas manusia merupakan struktur yang terdiri dari refleksi refleksi sederhana, sebagaimana persenyawaan unsur unsur kimiawi yang terstruktur sedemikian rupa. Struktur kesadaran yang memiliki unsur unsur sekaligus dilengkapi dengan hukum hukumnya tersendiri dengan pendekatan instrospektif.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai aliran strukturalisme dalam psikologi, semoga tulisan informasi ahli mengenai aliran strukturalisme dalam psikologi dapat bermanfaat.
Sumber : Tulisan Informasi Ahli :
– Mursidin, 2010. Psikologi Umum. Yang Menerbitkan CV Pustaka Setia : Bandung.
Gambar Wilhelm Wundt Tokoh Aliran Strukturalisme Dalam Psikologi

Gambar Wilhelm Wundt Tokoh Aliran Strukturalisme Dalam Psikologi

 
Aliran Strukturalisme Dalam Psikologi | ali samiun |